Perawatan Bayi

Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Menginjak usia 6 bulan, bayi sudah dapat diberi makanan pendamping (MP-ASI). Pada usia ini bayi mulai bisa mencerna dengan baik walaupun belum sempurna. Oleh karena itu diperlukan kehati-hatian dalam memilih makanan bayi. Pemilihan makanan pendamping yang tepat untuk bayi akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Lantas nutrisi apa saja yang diperlukan bayi 6 bulan? Salah satunya adalah kebutuhan protein yang bisa diperoleh lewat konsumsi ikan seperti salmon. Selain itu, daging ayam dan sapi giling pun bisa dicampurkan ke dalam bubur bayi. Kebutuhan lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral juga wajib terpenuhi.

Berikut ini beberapa resep makanan bayi untuk memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati.

  1. Bubur susu

Bahan yang diperlukan untuk membuat makanan bayi ini adalah 1 sdm tepung beras dan 200 ml susu formula. Caranya, larutkan tepung beras dengan sedikit susu formula, kemudian campurkan semua bahan dengan cara dimasak sampai agak mengental. Sebelum diberikan kepada bayi, pastikan Anda menyaringnya terlebih dahulu agar tidak ada tepung yang masih menggumpal. Tepung beras dapat Anda ganti dengan tepung sagu, maizena, dan hunkwe, namun tidak dengan tepung terigu.

Baca Juga : Membuat Makanan Bayi Sendiri

  1. Bubur susu kentang

Siapkan setengah kentang yang telah dikupas, dibersihkan, dan dikukus hingga matang. Haluskan kentang tersebut dengan blender atau penumbuk kentang, kemudian campurkan dengan susu formula atau ASI. Seperti menu di atas, Anda sebaiknya menyaring terlebih dahulu makanan yang sudah jadi agar lebih mudah dikonsumsi oleh bayi.

  1. Bubur pure kacang hijau

Sediakan 2 sdm kacang hijau yang sudah dicuci dengan air bersih, 200 cc air, dan 50 cc susu formula atau ASI. Rebus kacang hijau dengan api sedang selama 20 menit, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk—jangan di-blender—dan saring agar kulitnya terpisah. Setelah halus, campurkan air rebusan kacang hijau tadi dan susu sampai bubur menjadi lebih encer dan mudah dicerna bayi.

  1. Bubur pure alpukat

Membuat makanan bayi yang satu ini sangat mudah. Anda hanya harus menyiapkan buah alpukat secukupnya dan susu formula atau ASI, lalu blender sampai halus.

  1. Bubur pisang

Buah pisang memang sudah terkenal sebagai makanan yang baik untuk bayi 6 bulan karena memiliki gizi yang tinggi dan tekstur yang lembut. Siapkan saja 1 buah pisang Ambon dan susu formula atau ASI. Haluskan pisang hingga lembut, kemudian campurkan dengan susu. Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti pisang dengan pepaya atau mangga.

  1. Bubur sayur

Selain buah-buahan, Anda juga harus mengenalkan sayuran kepada bayi. Anda bisa menggunakan brokoli, bayam, kangkung, sawi, wortel, labu, dan asparagus. Sebagai contoh, mari kita buat bubur brokoli. Sediakan kira-kira 4 kuntum brokoli, kemudian kukus dan haluskan dengan blender. Setelah itu, campurkan brokoli halus ini dengan susu formula atau ASI.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *