Tips dan Trik

Memilih Sepeda Anak

Anak anda mulai merengek minta sepeda? Jangan panik, itu hal yang biasa terjadi. Dan memang selain untuk bermain, sepeda anak juga baik untuk melatih keseimbangan dan kekuatan otot – otot motorik dari anak anda. Jadi memang tidak semata – mata untuk alat bermain tapi ada gunanya juga. Tugas anda adalah berhati –  hati dalam memilih sepeda anak. Itu saja awalnya.

Memilih Sepeda Anak

Sepeda anak dan anak – anak memang dua hal yang sulit dipisahkan. Hampir setiap anak tumbuh berkembang dengan mengenal sepeda anak. Termasuk anda sendiri sebagai orang tua pasti mengalami masa ini. Jadi sangatlah wajar jika anak anda juga melalui tumbuh berkembang bersama sepedanya. Biarkanlah. Seperti yang disebutkan sebelumnya tugas anda adalah memilih sepeda yang tepat untuk anak anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan membeli sepeda untuk anak anda.

  • Sesuaikan dengan usia

Usia yang dianggap paling tepat untuk mulai mengenal sepeda anak bagi anak – anak adalah saat berusia minimal 2 tahun. Pada usia tersebut otot – otot pada kaki anak sudah dianggap kuat. Selain itu pada umumnya anak dengan usia tersebut sudah mempunyai tinggi yang cukup untuk memakai sepeda. Tapi meski begitu tetap saja jenis sepedanya harus disesuaikan dengan usianya.  Jangan sampai anak usia 2 tahun dikenalkan dengan sepeda untuk anak berusia 5 tahun. Cara paling mudah adalah sesuaikan dengan ukuran tubuh anak anda. Namun untuk awalnya ada baiknya mengenalkan sepeda yang beroda 3 untuk sekedar pengenalan.

Sepeda untuk anak terdapat 2 model berdasarkan penggunaan pedal. Ada yang tetap menggunakan pedal ada yang tidak. Untuk yang tidak menggunakan pedal tentu saja lebih mudah dikendarai daripada yang memakai pedal. Tapi meski lebih susah, sepeda yang menggunakan pedal lebih berguna untuk mengenal dan beradaptasi dengan sepeda yang umum dipakai kelak. Selain dari pedalnya, model sepeda juga terbagi berdasarkan penggunaan rem. Ada yang menggunakan rem dan ada yang tidak. Pada awal pengenalan memang anak – anak lebih suka menggunakan kaki untuk menghentikan sepeda dengan cara menginjakan kaki atau menahankan kakinya ke tanah atau lantai. Itulah juga gunanya memilih ukuran yang disesuaikan dengan usianya. Pilihan tetap pada anda dan kemampuan anak anda.

  • Perhatikan sisi safety

Ini penting sekali karena pada dasarnya anak – anak belum mengetahui bahaya dari sepeda anak yang ia kendarai. Salah satu contoh sisi safety adalah misal jika menggunakan sepeda yang memakai rantai, maka harus dipastikan menggunakan pelindung rantai. Karena ini bisa berbahaya bagi anak anda.

Hal – hal seperti inilah yang harus diperhatikan anda ketika memilihkan sepeda untuk anak anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *