Perlengkapan Anak

Memiliki Masalah Berat Badan Bayi? Ternyata Ini yang Jadi Penyebab Utamanya!

Ketika si kecil lahir ke dunia, pastinya mereka memiliki berat badan yang berbeda-beda antara satu sama lain, yang dimana rata-ratanya adalah 2.5 kg hingga 4.5 kg. Berat tersebut merupakan yang paling pas dan sangat sering ditemukan pada bayi di Indonesia. Berbagai hal pun dapat mempengaruhi berat badan mereka lama kelamaan, misalnya seperti faktor genetic, asupan nutrisi yang mereka terima dan juga dari kesehatan sang ibu ketika sedang mengandungnya merupakan hal penting yang dapat menentukan berat badan mereka kelak. Jika sang bayi memiliki berat badan yang di bawah rata-rata dari angka tersebut, maka jangan langsung khawatir dan berburuk sangka, Anda dapat membuat berat badan bayi menjadi lebih gemuk dengan berbagai cara, begitu pula dengan memiliki bayi dengan berat di atas normal tersebut, pastinya akan sangat mudah untuk menjadikannya normal. Namun sebelumnya, ketahui dulu penyebab yang membuat berat mereka mengalami masalah.

 Memiliki Masalah Berat Badan Bayi? Ternyata Ini yang Jadi Penyebab Utamanya!

Gangguan Kesehatan

Kesehatan sang bayi ternyata juga dapat mempengaruhi berat yang mereka punya. Gangguan tersebut biasanya terjadi pada beberapa bagian tubuh mereka, yakni misalnya pada bagian pencernaan yang mengalami masalah atau sulit untuk menyerap nutrisi dari makanan, karena mengalami diare, dan lain sebagainya. Hal ini terbukti dapat mengurangi nafsu makan si kecil dan akhirnya mempengaruhi berat mereka. Oleh karena itu, pastikan jika si kecil selalu diberi makanan yang sehat dan jaga kesehatannya dengan baik.

 

Masa Pertumbuhan

Ketika mengalami masa pertumbuhan, mereka pastinya akan mengalami masalah pada berat badan bayi. Hal tersebut biasanya terjadi pada bayi yang berusia 6 bulan, yang dimana pada usia tersebut mereka sudah mulai aktif dan juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal tersebutlah yang dapat membuat mereka kehilangan berat, namun pastinya hal ini tetap akan pada taraf yang normal dan tidak akan membahayakan kesehatan mereka.

 Baca Juga : Berat Badan Bayi ideal dan Hal-hal yang Mempengaruhinya

Nutrisi Tidak Seimbang

Hal terakhir yang juga dapat membuat mereka memiliki berat yang tidak ideal dan tidak normal adalah karena asupan nutrisi sang bayi tidak terpenuhi dengan baik. Untuk memenuhinya, Anda bisa memberikan ASI serta berbagai makanan pendukung ASI yang pastinya memiliki nutrisi yang tinggi serta sangat baik untuk kesehatan si kecil. Dengan begini pastinya masalah pada berat badan pun tidak akan terjadi lagi.

 

Itulah beberapa tips yang harus sekali Anda perhatikan serta lakukan agar berat badan bayi tetap terjaga dan juga selalu menyentuh angka yang normal. Ketika sedang mengandung, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, begitu juga ketika sudah besar, pastikan jika asupan nutrisi mereka terpenuhi dengan sempurna. Selain itu, jika sudah memasuki usia aktif, imbangi hal tersebut dengan banyak makanan yang mereka konsumsi, pastinya hal ini tidak akan membuat berat mereka turun secara drastis.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *