Perawatan Bayi

Mencegah Ruam Popok Secara Alami

Ruam popok merupakan peradangan yang dialami oleh bayi yang terbiasa memakai popok. Peradangan tersebut terjadi di sekitar area yang tertutup popok, seperti area pantat, kelamin, dan area selangkangan. Gejala yang timbul dari ruam karena popok diantaranya adalah bintik-bintik kemerahan, lecet-lecet ringan, dan rasa tidak nyaman yang dialami si bayi setiap popoknya diganti yang diakibatkan kerena merasa gatal. Bagi orang tua yang memiliki bayi terkena ruam popok, tidak perlu panik dan khawatir berlebihan, sebab ruam pada area yang tertutup popok dapat diatasi secara alami. Berikut ini kiat-kiat alami mencegah gejala ruam atau peradangan yang disebabkan oleh popok.

  1. Mengganti Merk Popok

Ruam yang dialami bayi di area yang tertutup popok disebabkan oleh popok itu sendiri, baik kerena popok yang dipakai kurang berkualitas atau tidak cocok pada kulit bayi. Orang tua hendaknya jeli dalam memilih popok, yaitu dengan mempertimbangkan zat-zat yang terkandung pada sebuah popok dengan melihat data pada kemasan. Jangan pilih popok bayi yang mengandung pewangi buatan dan zat pewarna, karena hal tersebut akan membuat kulit bayi lebih mudah terkena iritasi. Pilihlah popok dengan merk yang benar-benar bagus dan berkualitas, yang bahannya lembut sehingga bayi tetap merasa nyaman sepanjang waktu dalam lindungan popok yang dikenakannya.

Baca Juga : Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

  1. Hindari Memberi Bedak di Area Selangkangan

Tidak sedikit orang tua yang memakaikan bedak pada bayinya di area selangkangan, terutama setiap selesai memandikan dan setiap mengganti popok bayi. Padahal, bedak justru akan membuat area selangkangan menjadi lebih lembab dan lebih mudah terkena gesekan karena tekstur bedak yang kasar, sehingga kulit area selangkangan dapat terkena iritasi.

  1. Selalu Menjaga Kebersihan Popok

Salah satu penyebab utama Ruam popok merupakan peradangan yang dialami oleh bayi yang terbiasa memakai popok.yang dialami bayi adalah karena bakteri yang berkumpul dalam popok dalam waktu yang lama. Bakteri tersebut berasal dari kotoran atau air seni bayi. Orang tua harus memastikan kotoran atau air seni si bayi tidak tertampung popok dalam waktu yang lama. Segera gantilah popok yang sudah dipenuhi kotoran agar bayi terhindar dari bakteri, juga agar bayi lebih nyaman dan dapat bergedak dengan lebih leluasa.

  1. Menghindari Pemakaian Popok Sekali Pakai

Pemakaian popok sekali pakai biasanya akan melekat dalam waktu yang relatif lama pada bayi, sebab popok sekali pakai lebih tahan lama dan menampung lebih banyak kotoran dan air seni yang dihasilkan bayi. Popok sekali pakai juga biasanya akan membuat orang tua merasa santai tanpa mengecek kondisi popok secara teratur karena daya tampung dan daya serapnya yang tinggi. Hal ini dapat berdampak negatif dan berpotensi menimbulkan ruam pada bayi. Popok yang melekat dalam waktu yang lama akan membuat kondisi selangkangan bayi sangat lembab.

Itulah beberapa kiat mencegah Ruam popok merupakan peradangan yang dialami oleh bayi yang terbiasa memakai popok. secara alami. Orang tua harus selalu siaga melindungi bayinya dari segala macam bahaya, terutama dari bakteri yang berpotensi menimbulkan penyakit. Kesehatan si bayi akan menjadi kebahagiaan tak terkira bagi setiap orang tua.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *