Tips dan Trik

Mendidik​ ​Anak​ ​Agar​ ​Mandiri​ ​Sejak​ ​Dini

Setiap orangtua tentunya memiliki keinginan serta harapan agar anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang bisa dibanggakan. Harapan ini membuat para orangtua ingin selalu menanamkan pendidikan karakter serta hal-hal positif, salah satunya adalah dengan mendidik anak tentang kemandirian.

Mendidik tentang kemandirian pada anak haruslah dilakukan sejak dini, oleh karena itu peran orangtua sangatlah penting,  Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orangtua agar kemandirian anak terlatih sejak dini.

Latih Anak untuk Melakukan Aktifitas Sendiri

Orangtua seringkali memiliki rasa terlalu khawatir terhadap aktifitas anak, meskipun aktifitas itu dilakukan di dalam rumah, seperti makan, minum, dan lain sebagainya. Orangtua kerapkali lebih memilih untuk menyuapi anak dibandingkan membiarkannya untuk makan sendiri karena beralasan jika anak makan atau minum sendiri akan menyebabkan ruangan menjadi berantakan. Biarkan anak untuk melakukan kegiatan sendiri karena anak akan merasa hal-hal yang dilakukannya adalah sesuatu yang istimewa dan suatu keberhasilan.

Biarkan Anak untuk Mencoba Hal-hal Baru

Setiap anak tentunya mempunyai rasa ingin tahu yang besar, anak bisa bertanya segala macam hal dan ingin mencoba hal-hal baru. Jangan halangi anak untuk mencoba aktifitas atau sesuatu yang baru selama hal tersebut tidak membahayakan dan masih dalam pengawasan. Larangan pada anak untuk mencoba hal baru hanya akan membuat anak takut dan minder, serta merasa apa yang dilakukannya salah. Oleh karena itu, untuk mendidik anak berlaku mandiri, orangtua harus memberi ruang agar anak bisa mengeksplore kemampuannya tergantung dengan usianya.

Baca Juga : Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

Membantu bukan Menyelesaikan

Setiap anak seringkali mengalami kesulitan ketika melakukan sesuatu, misalnya ketika anak kesulitan saat mengancingkan baju atau memakai kaos sendiri. Pada kondisi ini, orangtua jangan langsung mengambil alih dengan mengancingkan atau memakaikan kaos. Orangtua cukup berikan cara atau aba-aba bagaimana harus melakukannya, sehingga anak pun akan belajar menyelesaikan sesuatu secara baik dan benar dengan usahanya sendiri.

Ciptakan Suasana Rumah yang Nyaman Bagi Anak

Ciptakan suasana yang nyaman di dalam rumah dimana anak bisa melakukan hal-hal atau aktifitas yang berkaitan dengannya seorang diri. Misalnya dengan menyediakan meja dan kursi kecil untuk makan, atau membuat galah kecil untuk membantu anak ketika ingin menyalakan atau mematikan sakelar lampu yang berposisi tinggi.

Memberikan Contoh

Anak adalah tipe peniru ulung, sehingga anak akan menirukan apa yang didengar serta dilihat. Oleh karena itu, orangtua pun harus memberikan contoh kemandirian di depan anak. Misalnya, setelah selesai makan membawa piring kotor ke tempat cuci piring, meletakkan buku ke rak setelah selesai membaca, membereskan tempat tidur, dan lain sebagainya.

Mendidik anak dalam hal kemandirian harus dipupuk sejak dini, oleh karena itu, orangtua pun harus memiliki kesabaran ketika melatih anak untuk melakukan sesuatu seorang diri. Berikan semangat, dan terus pantau perkembangan aktifitas kemandirian pada anak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *