Tips dan Trik

Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

Buku merupakan jendela ilmu. Banyak hal yang akan diperoleh dari buku, terutama pengetahuan-pengetahuan baru. Bagi anak-anak, membaca buku akan memperluas wawasan tentang dunia, terutama hal-hal baru yang belum dikenalinya, sehingga pengetahuan anak tentang dunia menajdi lebih luas. Semakin luas pengetahuan si anak, tentu akan membuat si anak semakin tertarik mencari hal-hal baru lainnya yang belum ia kenali, hal tersebut akan membantu merangsang otaknya agar terus berkembang sehingga anak menjadi lebih cerdas. Namun, membiasakan anak untuk gemar membaca bukanlah perkara yang mudah. Melatih anak agar gemar membaca harus dilakukan secara bertahap. Berikut ini adalah kiat-kiat yang perlu dilakukan oleh orang tua untuk mendidik anak agar gemar membaca.

1. Berawal dari Dongeng atau Cerita

Setiap anak kecil pasti menyukai dongeng atau cerita. Ingin tahu setiap hal-hal baru merupakan watak setiap anak kecil. Dongeng atau cerita merupakan medium yang tepat untuk mengajarkan hal-hal baru pada anak. Dalam dongeng atau cerita, terdapat hal-hal baru yang belum pernah dikenali anak-anak, sehingga sangat naluriah ketika mereka antusias setiap mendengar cerita yang disampaikan orang tua. Hal tersebut akan menjadi pintu masuk yang sangat efektif untuk mengenalkan anak pada buku.

Baca Juga : Gaya Hidup Sehat untuk Kehamilan Sehat

Mulalilah dengan membacakan dongeng atau cerita. Setelah anak terbiasa mendengar cerita yang kita bacakan, ajaklah anak secara bertahap untuk membaca buku dongeng sendiri, misalnya dengan mengatakan, “Sekarang, giliran adik yang membacakan buku dongeng untuk Ayah dan Ibu.” Dengan demikian, si anak akan mulai belajar untuk membaca buku.

2. Menyediakan Buku yang Cukup

Keinginan mendidik anak agar gemar membaca tidak akan efektif tanpa adanya buku bacaan yang cukup dan memadai. Orang tua harus menyediakan buku-buku yang cocok untuk dibaca anak-anak, yang konten dan temanya disesuaikan dengan usia si anak. Mulailah dengan menyediakan buku dengan tema-tema yang ringan terlebih dahulu, terutama buku dongeng atau cerita yang mengandung banyak gambar dan tulisannya hanya sedikit, sehingga si anak tidak cepat bosan dan lelah karena terlalu banyak membaca huruf. Buku cerita bergambar akan menarik perhatian si anak dan akan membuat mereka senang.

Letakkan dan sebarkanlah buku di tempat yang mudah dijangkau anak, mulai dari kamar tidur, meja belajar, hingga ruang keluarga. Dengan demikian, anak akan terbiasa dengan keberadaan buku di sekelilingnya. Buku yang tersebar di banyak tempat juga akan memantik anak untuk membuka dan membaca buku yang ada di dekatnya.

3. Meminta Anak Bercerita tentang Apa yang Mereka Baca

Pada tahapan lebih lanjut, orang tua bisa meminta si anak untuk menceritakan ulang isi buku yang mereka baca, tanpa melihat buku tersebut. Hal ini akan memantik si anak untuk lebih fokus dalam membaca, tidak sekadar membolak-balik halaman.

Itulah beberapa kiat untuk mendidik anak agar gemar membaca buku. Agar lebih efektif, orang tua juga harus membiasakan diri untuk gemar membaca, sebab kebiasaan orang tua akan ditiru oleh anak.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *