Tips dan Trik

Mendidik Anak Agar Soleh Dan Soleha

Tidak bisa dimungkiri setiap orang tua mendidik anak agar ia menjadi shaleh dan shaleha. Apalagi zaman sekarang, yang katanya semakin modern dan canggih, semakin banyak anak yang berperilaku tercela, menyimpang jauh dari ajaran agama. Kasus perzinahan dan kehamilan di luar nikah semakin marak. Bahkan sampai-sampai ada istilah cabe-cabean dan terong-terongan untuk anak laki-laki dan perempuan ‘gampangan’. Na’udzubillahi min dzalik.

Bila Anda tidak menginginkan anak Anda tergerus zaman yang semakin kacau, sebaiknya Anda mendidik anak sejak dini dengan tuntunan yang sesuai ajaran agama. Berikut adalah beberapa tips-nya.

  1. Beri teladan yang baik

Anak itu ibarat mesin fotokopi yang mereproduksi ulang perbuatan orang tuanya. Oleh karena itu, untuk mendidik anak agar menjadi baik, Anda harus memberi teladan yang baik pula. Kerjakan lebih dahulu oleh diri Anda apa yang ingin Anda perintahkan kepada anak. Jangan seperti kebanyakan orang tua yang hanya bisa menyuruh ini dan itu.

  1. Bangunkan anak pada waktu Shubuh

Hampir semua orang sukses mengawali harinya sejak pagi hari. Selain itu, orang yang bangun pada waktu shubuh identik dengan orang yang rajin dan taat agama. Maka dari itu, bila Anda ingin anak Anda sukses dunia dan akhirat, membangunkan anak setiap hari pada waktu shubuh merupakan hal yang wajib.

  1. Masukkan anak ke dalam lingkungan pendidikan dan pergaulan yang islami

Dengan mendidik anak secara islami, anak akan memiiki karakter yang lebih baik dan berwawasan Islam. Anda bisa memasukkan anak-anak Anda ke sekolah-sekolah Islam seperti Taman Kanak-kanak Al-Quran, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aaliyah, dan pesantren. Dengan bergaul di lingkungan yang islami, insya Allah anak akan bertutur kata dan bersikap lebih santun. Walaupun demikian, Anda tetap harus mengawasi pergaulannya sejak dini.

Baca Juga : Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

  1. Kenalkan batasan aurat sejak kecil

Kebanyakan orang, baik laki-laki maupun perempuan, berpakaian mengikuti perkembangan zaman yang sering kali tidak memedulikan batasan aurat. Jika anak Anda sudah terbiasa mengenakan pakaian semacam itu, Anda akan sulit mengubahnya. Jadi, biasakan Anak memakai pakaian yang menutup auratnya sejak kecil agar ia terbiasa hingga dewasa. Jelaskan juga dosa apa yang akan ia dapat jika ia tidak menutupi auratnya.

  1. Hindarkan dari mendengarkan lagu-lagu dewasa

Zaman sekarang musik dewasa sangat mendominasi. Hampir-hampir tidak ada lagu-lagu anak-anak.  Sebagaimana kita tahu, lagu dewasa biasanya berisi hal-hal yang hanya cocok untuk orang dewasa. Bila didengarkan oleh anak-anak, tentu ini dapat memengaruhi perilakunya. Jadi, sebaiknya berikan  anak Anda lagu-lagu Islami, seperti nasyid dan shalawatan.

  1. Batasi tontonan TV anak

Seperti yang sudah dibahas di atas, anak akan meniru apa yang dia lihat. Maka dari itu, batasi tontonan TV anak pada tayangan yang bermanfaat saja, seperti kisah nabi, kartun yang menginspirasi, dan tayangan bertema pendidikan. Hindarkan anak dari menonton tayangan yang buruk untuk pola pikir anak, seperti film dan sinetron bertema roman picisan, horor dan kekerasan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *