Tips dan Trik

Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan

Anda mungkin bertanya-tanya apakah bisa mendidik anak sejak dalam kandungan? Jawabannya tentu bisa. Berdasarkan penelitian, bayi dalam kandungan sudah mulai bisa mendengar sejak usia 3 bulan. Oleh sebab itu para ahli dari Barat menganjurkan orang tua untuk memperdengarkan musik klasik seperti Mozart kepada bayi yang masih dalam kandungan. Jadi, melalui wasilah pendengaran inilah kita dapat memberikan pendidikan kepada anak sejak dalam kandungan.

Mendidik anak sejak dalam kandungan bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otaknya, meningkatkan kepercayaan dirinya, membuatnya lebih komunikatif dan lebih mudah tersenyum, memperkuat akidah dan tauhidnya, dan membuatnya lebih mudah menghafal Al-quran.

Berikut ini sebagian cara mendidik anak yang masih didalam kandungan.

  1. Melalui ketaatan ayah dan ibunya

Amal shaleh yang dilakukan orang tua saat hamil berperan penting dalam proses mendidik anak dalam kandungan. Dengan membiasakan membaca Al-Quran setiap hari, mengerjakan shalat di awal waktu, dan mengerjakan amalan-amalan sunnah, anak akan terbiasa dalam kondisi ketaatan kepada Allah sejak dalam kandungan.

  1. Melalui do’a dari orang tua dan orang-orang shaleh

Sebagai senjata orang mukmin, orang tua sebaiknya tidak pernah lelah untuk mendo’akan anaknya agar menjadi shaleh/shaleha yang menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladannya dan mencintai, menghafalkan dan mengamalkan Al-Quran. Selain itu, mintalah do’a dari orang-orang shaleh saat ada kesempatan bertemu dengan mereka. Kita tidak pernah tahu do’a dari lisan siapa yang akan dikabulkan oleh Allah.

  1. Dengan menjauhkan diri dari kemusyrikan

Di masyarakat Indonesia, adat dan budaya masih turut andil dalam urusan kehamilan. Sayangnya, sebagian besar dari budaya ini masih berbau kemusyrikan, di antaranya membawa gunting, memakai kalung khusus yang sudah dibacakan mantra, dan sebagainya. Sebagai muslim, sudah seharusnya kita berlepas diri dari hal ini. Bila ini sudah menjadi budaya dalam keluarga, maka cobalah untuk mendiskusikannya dengan baik-baik dengan mereka.

  1. Dengan memperdengarkan Al-Quran

Ini merupakan metode terbaik untuk mendidik anak dalam kandungan. Jika di Barat para ibu hamil memperdengarkan musik klasik kepada bayinya, maka kita umat Islam harus memperdengarkan lantunan terbaik Al-Quran, yang penuh dengan manfaat dan kebaikan, yang datang dari Allah, tuhan pencipta alam dan semua manusia.

Sudah sepantasnya kita memberikan cinta terbaik kepada anak kita karena mereka adalah buah hati dan buah cinta dari orang tuanya. Cinta ini merupakan hak mereka sejak dalam kandungan dan mendidiknya sedini mungkin merupakan bentuk cinta terbaik yang bisa kita berikan. Dengan memberikan pendidikan sejak dalam kandungan, diharapkan generasi yang kita lahirkan adalah generasi terbaik umat, yakni generasi shaleh yang taat dan bertaqwa, yang akan membawa peradaban manusia ke arah yang lebih baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *