Tips dan Trik

Mendidik Anak Sesuai Dengan Konsep dan Ajaran Islam

Anak merupakan harta yang paling berharga. Ia merupakan titipan Allah yang harus dijaga agar menjadi pribadi yang baik. Memiliki anak yang baik dan sholeh adalah harapan semua orang tua di seluruh dunia. Bukankan doa anak soleh tidak akan putus. Lalu bagaimana cara mendidik anak sesuai dengan ajaran islam? Berikut ini akan kami informasikan cara mendidik buah hati agar sesuai dengan konsep dan ajaran islam.

Cara mendidik anak yang baik dan benar bisa dengan mengambil contoh apa yang Rasullulah SAW lakukan dalam mendidik anak-anak beliau. Mendidik anak secara islami bukan hanya membentuka anak menjadi cerdas dan disiplin saja namun juga mendidik anak bagaimana memiliki akhlak dan moral yang baik.

Yang dimaksud dengan mendidik anak secara islami adalah membesarkan anak dengan cara yang bertumpu pada Al-Quran, Hadist dan tuntunan Rasulullah SWA untuk memberikan pendidikan kepada anak.

Berikut adalah beberapa cara mendidik dan mengajarkan anak secara islami yang dianjurkan:

Menanamkan Aqidah dan Tauhid

Tauhid merupakan landasan islam, jika anak benar tauhidnya maka ia akan selamat dunia dan akhirat. Sedangkan jika tidak memiliki tauhid dan aqidah yang benar bisa dengan mudah terjerumus dalam kesesatan dunia.

Ajarkan anak mengerjakan wudhu, sholat lima waktu. Lama kelamaan anak akan terbiasa melakukan hal tersebut. Selain itu ajarkan anak untuk bersodakah dan melakukan kewajiban dan hal-hal yang harus dikerjakan sebagai seorang muslim. Selain itu beri penjelasan mengapa hal tersebut harus dilakukan.

Baca Juga : Tips Memberikan Nama Bayi Laki-Laki dan Perempuan Secara Islami

Beri Perhatian dan Kasih Sayang

Memberikan perhatian kepada anak dan mengenali lingkungannya sangat dianjurkan. Dengan mengetahui apa yang ia sukai, siapa teman-temannya dan memberikan dukungan apa yang ia sukai membuat anak merasa disayangi dan diperhatikan. Hindari memarahi apalagi memaki-maki ketika anak melakukan kesalahan, sebaiknya nasehati ia dengan kata-kata yang halus dan lembut.

Menunjukkan Kasih Sayang

Mengajarkan anak tentang kasih sayang yang paling mudah adalah mengkondisikan situasi dan kondisi rumah tangga yang harmonis, saling toleransi dan menghormati. Hindari berselisih di depan anak karna bisa mempengaruhi kondisi dan perkembangan mental anak.

Menjadi Tauladan

Orang tua tidak hanya memerintah anak namun sudah seharusnya menjadi teladan yang baik. Misalnya Anda menyuruh anak untuk mengaji namun Anda sendiri tidak mengaji, menyuruh anak tidak bermain gadget namun Anda sendiri sering lupa waktu asik obrol dengan teman. Menjadi sosok yang diteladani sama halnya Anda memberikan contoh yang baik, yang harus diikuti oleh anak.

Menanamkan Akhlakul Karimah

Tanamkan sifat akhlakul karimah sejak usia anak masih dini, seperti: tidak bicara kasar, berkata jujur, berkata lembut dan sopan. Kebiasaan baik yang ditanamkan sejak dini akan menjadi kebiasaan saat ia dewasa kelak.

Selain cara-cara mendidik anak tersebut, masih banyak cara islami lainnya yang patut Anda aplikasikan, seperti: menjadi sahabat yang baik untuk anak, berika lingkungan yang baik dan lain sebagainya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *