Perawatan Bayi

Mengatasi Nafsu Makan Anak yang Menurun Dengan Ramuan Tradisional Temulawak

Banyak cara mengatasi nafsu makan anak yang menurun yang bisa Anda coba, salah satunya adalah dengan menggunakan jamu. Jamu dapat diartikan ramuan tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami. Sekarang sudah banyak jamu penambah nafsu makan dalam bentuk kemasan. Namun jika Anda lebih ingin memilih membuatnya sendiri berikut ini akan kami informasikan manfaat dan cara membuat jamu penambah nafsu makan yang aman untuk anak.

Manfaat Jamu Temulawak

Jamu untuk anak agar nafsu makannya bertambah atau kembali normal adalah temulawak. Cara membuat jamu ini bisa dengan cara tradisional, bahkan cara pemberiannyapun bisa dibilang tradisional yaitu di jawa disebut dengan istilah di cekok.

Istilah cekok artinya memberikan jamu ke anak dengan cara dipaksakan. Walaupun rasanya pahit namun khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tidak diragukan. Temulawak memiliki nama latin Curcuma Xanthorniza merupakan jenis tanaman yang memiliki akar rimpang.

Selain dijadikan obat penambah nafsu makan anak, temulawak berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti: hepatitis, radang kantung empedu, sakit lambung, mengatasi ganggan ginjal, menyembuhkan masuk angin dsb.

Temulawak dapat meningkatkan nafsu makan karena mengandung karminatium dan zat lainnya yang berguna bagi tubuh yaitu: pati, serat, protein, kerkumin, borneol, minyak atsiri dan zat lainnya.

Bahan-Bahan Membuat Jamu Penambah Nafsu Makan Anak

Membuat jamu penambah nafsu makan bahannya sangat sederhana bahkan untuk mendapatkan temulawak sangat mudah. Anda bisa memperolehnya di pasar tradisional atau diwarung sayuran.

Baca Juga : Nutrisi Bayi Pada Makanan Tambahan Usia 4 – 6 Bulan

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Temulawak seukuran ibu jari
  • Garam seujung sendok makan
  • Air matang seperempat gelas

Cara Membuatnya:

  1. Pertama tama bersihkan temulawak, kupas kulitnya dan cuci menggunakan air bersih.
  2. Lalu parut atau diblender sampai halus.  
  3. Peras temulawak menggunakan air yang sudah disiapkan sampai menghasilkan 2 – 3 sendok makan.
  4. Lalu campurkan air perasan temulawak dengan garam hingga tercampur.

Nah, jamu temulawak penambah nafsu makan sudah siap diberikan untuk anak. Agar lebih mujarab sebaiknya tidak dicampur dengan bahan-bahan yang lain misalnya ditambah gula atau kunir. Jika ingin menambah rasa manis dengan gula sebaiknya jangan terlalu banyak.

Walaupun sebagian masyarakat menganggap masalah nafsu makan menurun tidak berbahaya dan akan normal kembali, namun jika itu terjadi pada buah hati tentu saja membuat orang tua cemas. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan berat badan anak menurun dan dikhawatirkan anak mengalami gangguan tumbuh kembangnya.

Walaupun sudah banyak obat-obatan menambah nafsu makan anak, sebaiknya Anda memilih bahan-bahan yang terbuat dari bahan alami karena aman dan tidak menyebabkan efek samping, salah satunya dengan ramuan temulawak yang sudah kita bahas. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *