Perawatan Bayi

Mengatasi Ruam Popok dengan Cara Alami

Penggunaan popok bayi memudahkan orang tua tidak bolak-balik mengganti popok, terutama saat berpergian atau tidur malam hari. Namun penggunaan popok yang terlalu sering bisa menimbulkan masalah pada kulitnya. Masalah yang sering dialami bayi adalah ruam popok. Jika bayi Anda mengalami ruam, jangan sampai salah mengobati dan mengatasi ruam popok.

Salah satu cara mengatasi ruam popok adalah memberikan salep atau krim bayi. Namun tahukan Anda selain mengunakan salep ternyata ada cara lain yang bisa dicoba yaitu pengobatan alami seperti yang dilakukan oleh orang-orang zaman dulu.

Mengobati ruam dengan bahan alami terbukti berkhasiat dan aman untuk bayi. Apa saja bahan-bahannya? Berikut penjelasannya:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah obat yang dipercaya efektif mengatasi ruam. Khasiat minyak kelapa karena memiliki kandungan zat antiseptic yang dapat mengurangi warna kemerahan dan rasa gatal. Caranya sangat mudah oleskan minyak dengan lembut di bagian yang terkena ruam.

Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa cara mengobati ruam bsia dengan minyak zaitun membantu mencegah air melakukan kontak dengan kulit. Selain mengobati ruam, minyak zaitun akan menjaga kelembaban kulit. Sebelum mengoleskan minyak pastikan kulit dalam kondisi kering. Lalu oleskan zaitun.

Baca Juga: Ini Dia Tips Menyimpan ASI yang Benar

Baking Soda

Baking soda yang kita kenal sebagai bahan pembuat kue ternyata memiliki manfaat untuk pengobatan ruam pada bayi. Caranya masukkan dua sendok makan baking soda ke dalam bak mandi kemudian campurkan dengan air hangat. Campuran air baking soda tersebut dipakai untuk mandi bayi. Biarkan ia berendam beberapa menit.

Tepung Maizena

Campuran tepung maizena dan gel petroleum sampai bentuknya paste. Lalu oleskan ke bagian tubuh bayi yang terkena ruam. Cara ini bisa membuat kulit bayi terjaga kelembabannya.

Air Susu Ibu (ASI)

Selain sebagai sumber nutrisi, Asi ternyata bisa menjadi obat terbaik mengobati ruam dan bisa dijadikan alternatif.

Gunakan Popok Kain

Saat bayi mengalami ruam sebaiknya hindari penggunaan popok sekali pakai. Lebih baik, Anda gunakan popok kain yang bahannya lembut. Menggunakan popok kain mengharuskan Anda mengganti setiap kali bayi buang air besar dan air kecil. Dengan demikian kulit bayi tidak akan terlalu lama terkena air kencing dan tinja. Mengganti sementara dengan popok kain sama halnya dengan memberikan waktu kulit untuk bernapas.

Pastikan alas tidur, popok dan celana yang dipakai dalam kondisi bersih. Perhatikan cara perawatan pakaian bayi. Gunakan deterjen yang tidak mengandung bahan kimia, hindari pewarna dan pemutih pakaian.

Ruam popok bukan penyakit yang berbahaya, namun jika tidak segera diobati bisa membuat bayi tidak nyaman dan memicu timbulnya iritasi dengan gejala: kulit semakin merah, peradangan dan menyebar ke daerah tubuh yang lain, misalnya kaki, tangan, perut dsb. Jadi sebaiknya jangan tunda, segera obati dengan bahan-bahan alami yang terbukti berkhasiat mengatasi ruam popok.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *