Tips dan Trik

Mengenal 4 Jenis Obat Herbal Bayi yang Efektif Menurunkan Demam

Ketika anak jatuh sakit, misalnya demam apa yang akan Anda lakukan? Tentunya mencari solusi untuk mengobati si kecil, namun sebelum pergi ke dokter coba dulu berikan obat herbal bayi. Ada banyak sekali herbal di sekitar kita yang aman dipergunakan untuk menurunkan suhu tubuh bayi yang meningkat karena terserang demam. Opsional ini tentunya lebih aman untuk diambil sebab herbal adalah obat alami yang bebas kandungan bahan kimia, sehingga tidak berbahaya untuk tubuh bayi. Selain itu biaya yang dikeluarkan minim karena herbal ini bisa diambil di pekarangan sendiri.

Kenali Herbal Penurun Panas Si Kecil

Tatkala demam menyerang dan kebetulan suami belum pulang kerja, alangkah baiknya memberi pertolongan pertama pada bayi dengan herbal. Beberapa herbal berikut dikenal mampu menurunkan demam anak secara cepat dan alami:

  • Memakai kunyit,

Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur yang dipakai untuk mewarnai makanan sekaligus mencegah aroma amis pada ikan dan daging-dagingan. Selain itu bisa dipakai untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak di kala demam, karena mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan. Cukup mengambil sari kunyit yang telah diparut dan diberi madu kemudian diminumkan ke bayi.

Baca Juga: Macam-macam Obat Herbal Bayi untuk Persediaan

  • Memanfaatkan bawang merah,

Bawang merah merupakan andalan para ibu di dapur untuk melezatkan berbagai resep masakan, sebab termasuk bumbu dapur yang utama. Rupanya dibalik aroma khas dan menyengat bawang merah di dalamnya terkandung zat yang membuatnya menjadi obat herbal bayi saat demam. Anda cukup memarut beberapa siung bawang merah lalu campurkan sedikit dengan minyak kelapa atau minyak sayur. Jadikan kompres dengan dioleskan ke area kening bayi dan diamkan beberapa lama sampai suhu tubuh menurun.

  • Menggunakan rimpang temulawak,

Temulawak selama ini dikenal sebagai herbal dengan beragam khasiat sebab selain membantu menurunkan suhu tubuh bayi yang demam. Rupanya berbagai zat alami di dalam rimpang temulawak ini bisa diandalkan untuk mengatasi maag, diare, dan juga pegal-pegal di badan. Khusus untuk menurunkan suhu tubuh si kecil Anda cukup memarut temulawak secukupnya kemudian rendam dengan air panas. Tunggu sampai dingin lalu diperas, hasil perasan bisa diminumkan ke buah hati.

  • Air kelapa hijau asli,

Air kelapa sering dijumpai sebagai bahan pembuat minuman segar dan sesekali untuk melezatkan suatu resep masakan. Anda yang rutin menikmati kesegaran air kelapa hijau atau kelapa muda tentu menikmati rasa manis alaminya yang khas. Rupanya di dalam air kelapa juga terkandung suatu zat yang bisa membantu menurunkan suhu tubuh di kala demam. Jika bayi Anda demam tinggi tidak ada salahnya memberikan minum air kelapa hijau asli secara teratur, sebagai obat herbal bayi dijamin aman dan khasiatnya akan segera terlihat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *