Tips dan Trik

Mengenal Jenis Selimut Bayi untuk Temukan yang Terbaik Bagi Si Kecil

Kehadiran si kecil di dalam keluarga kecil Anda tentu akan mampu memberi suasana berbeda di keluarga dan di rumah. Tawa dan tangisnya, pasti semua ini akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi si kecil. Untuk orang tua yang masih baru memiliki anak, maka perlu banyak belajar untuk bisa mengurus bayi misalnya saja ketika anak menangis dimana dirinya dalam kondisi tidak nyaman yang bisa jadi karena kepanasan, haus, kedinginan dan lain sebagainya. Terkadang bayi menangis juga karena merasakan gatal karena selimut bayi tidak membuatnya nyaman.

Perlu diketahui jika kulit bayi adalah kulit sensitif sehingga Anda butuh tahu betul material apa saja yang bisa toleran menyentuhnya. Selain pakaian, Anda juga perlu waspada pada selimut untuk si kecil. Bayi punya kriteria khusus untuk jenis selimut yang bisa dipakainya. Hal ini demi menghindarkan bayi dari rasa tidak nyaman sehingga membuatnya menangis dengan berkepanjangan. Tentu Anda tahu jika fungsi selimut untuk bayi adalah agar membuat dirinya tetap nyaman dan hangat, serta mampu melindungi bayi dari bakteri.

Jangan sampai Anda bingung dalam memilih selimut bayi, untuk itu berikut ini beberapa jenis selimut untuk bayi yang patut Anda ketahui:

  • Selimut bedong

Anda tentu sangat tahu jika bayi kerapkali dibedong demi memberikan kehangatan sempurna padanya. Perlu diketahui jika selimut bedong haruslah berbahan halus sehingga ketika bayi dibungkus dengannya, si kecil tetap mampu merasakan nyaman. Bentuk selimut bedong ini biasanya persegi empat dengan ragam motif yang bisa disesuaikan. Mengingat bayi masih sering ngompol, maka pastikan punya stok selimut ini lebih dari satu.

Baca Juga:Tips Memilih Tempat Tidur dan Bantal Bayi untuk Bayi Baru Lahir

  • Selimut lampin

Anda bisa juga menggunakan selimut ini demi bisa menenangkan bayi menangis. Selimut ini bentuknya amat variatif. Pada dasarnya jenis selimut ini berfungsi agar orang tua mampu mendapatkan kemudahan ketika akan mengganti popok si kecil. Dengan membuka bagian pengait pada bagian atas selimut, maka sudah bisa langsung mengganti popok lalu nanti bisa di kait kembali.

  • Karung tidur bayi

Memang untuk produk selimut yang satu ini cenderung masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Konsepnya adalah dengan memasukkan seluruh badan bayi ke dalam karung tidur. Dengan cara ini, maka seluruh tubuh bayi termasuk kaki dan tangan akan terlindungi dan selalu hangat.

Itulah beberapa jenis selimut bayi yang ada di pasaran saat ini. Anda bisa memilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk tidak hanya memilih berdasar warna atau sekedar motifnya saja, namun Anda juga harus memilih karena memang selimut itu dirasa benar nyaman untuk bayi. Kini Anda bisa membelinya di toko khusus perlengkapan bayi baik di offline maupun online.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *