Tips dan Trik

Mengenal Tahapan Perkembangan Bayi Mulai dari Duduk Sampai Berjalan

Memiliki buah hati tentu menjadi hadiah terindah untuk setiap pasangan. Tentu demi tumbuh kembang si kecil, setiap orang tua menginginkan segala hal yang terbaik. Itulah setiap tahapan perkembangan bayi amat sangat penting diketahui. Tumbuh kembang bayi bisa terlihat signifikan ketika tahun pertama dan juga tahun keduanya. Jika bayi awalnya hanya bisa terbaring, maka seiring dengan waktu yang berjalan, bayi pun kemudian akan bisa mulai duduk, berdiri lalu berjalan.

 Mengenal Tahapan Perkembangan Bayi Mulai dari Duduk Sampai Berjalan

Tahapan demi tahapan dalam tumbuh kembang si kecil ada baiknya diketahui setiap orang tua. Di dua tahun pertama masa hidupnya, bayi sedang banyak mengembangkan koordinasi dan juga kekuatan otot di tubuhnya. Bayi akan belajar duduk, berguling, berdiri, merangkak hingga akhirnya berjalan. Proses tumbuh kembang pada anak nantinya sampai akhirnya bisa berjalan dapat berbeda-beda. Meski demikian, ada patokan yang bisa jadi pedoman untuk orang tua dalam memantau kemampuan anak untuk bisa berjalan.

Berikut ini beberapa tahapan dalam perkembangan bayi yang perlu Anda tahu:

  • Duduk

Bayi mulai bisa duduk umumnya di usia 4 sampai 7 bulan dengan tanpa bantuan orang lain. Kemampuan tersebut bisa jadikan otot yang ada di tubuhnya terdukung saat dirinya belajar bisa berdiri. Stimulasi yang dapat diberikan yakni dengan mengajaknya untuk bermain misalnya dengan menggelindingkan bola padanya hingga bermain susun-menyusun.

  • Merangkak

Pada rentang usia bayi 7 hingga 10 bulan, bayi biasanya akan bisa mulai merangkak. Perkembangan yang satu ini penting sehingga bisa latih bayi dalam menggerakkan lengan dan juga kaki di waktu bersamaan. Ada pula bayi yang sebagian merangkak dengan perut. Anda bisa memberikan stimulasi dengan membiasakan si kecil merangkak dari area satu ke area lain. Anda pun bisa menyemangatinya dengan memberikan mainan di area jauh darinya sehingga dirinya bisa merangkak untuk capai mainan tersebut.

  • Berdiri dan berjalan dengan bantuan

Pada usia bayi 8 hingga 9 bulan, bayi akan bisa tumbuh dengan lebih kuat. Di tahap ini, dirinya bisa mengangkat sendiri dengan tambahan bantuan dari perabot sekitarnya. Cara ini akan bisa membuat anak merasakan sensasi berdiri. Bantulah anak untuk bisa menarik tubuhnya apabila si kecil telah menyiapkan posisinya untuk berdiri.

  • Merambat

Jika anak sering di stimulasi untuk berdiri dan berjalan dengan bantuan, maka di usia 8 hingga 9 bulan anak juga sudah bisa merambat. Umumnya dia menggunakan bantuan tembok dan perabot di sekitarnya.

Jika sudah sampai ke tahap merambat, biasanya anak akan berdiri sendiri dengan tanpa bantuan. Selanjutnya anak juga bisa berjalan langkah demi langkah tanpa bantuan. Itulah tahapan perkembangan bayi secara singkat yang perlu Anda ketahui.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *