Tips dan Trik

Mengenali Dengan Mudah Tanda Kehamilan

Di luar cara medis, kehamilan bisa diketahui lewat tanda kehamilan. Tanda-tanda yang paling populer di masyarakat kita adalah mual, muntah, dan terlambat haid. Namun, sebenarnya tanda-tanda ini saja tidak cukup untuk menentukan kehamilan karena bisa jadi itu gejala suatu penyakit.

Agar lebih yakin, diperlukan lebih dari satu atau dua tanda kehamilan. Apa saja? Mari kita simak di bawah ini.

  1. Lebih mudah lelah

Ini merupakan tanda kehamilan yang paling sering dialami oleh kebanyakan wanita. Fisiknya jadi lebih lemah dari biasanya dan akan lebih mudah merasa lelah walaupun hanya melakukan aktivitas biasanya. Ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron. Hormon ini sangat penting bagi kehamilan dan pertumbuhan janin, namun memiliki efek samping memperlambat metabolisme tubuh. Anemia juga turut menjadi faktor tubuh mudah lelah pada awal kehamilan.

  1. Nafsu makan berkurang

Tanda kehamilan berikutnya adalah berkurangnya nafsu makan, bahkan pada makanan-makanan yang sebelumnya sangat disukai. Selain perubahan hormon, rasa mual yang terjadi pada awal kehamilan juga menjadi faktor utama turunnya nafsu makan. Ini normal, dan Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya.

  1. Menginginkan makanan/minuman atau hal-hal tertentu

Tanda kehamilan ini lebih dikenal dengan istilah “ngidam” atau “nyiram” (Sunda). Ngidam ini biasanya seputar makanan atau minuman, namun ada kalanya wanita menginginkan hal-hal yang di luar kebiasaan. Sebagai contoh, meski tidak suka durian, wanita hamil bisa tiba-tiba sangat menginginkan durian. Pada tingkatan yang lebih ekstrem, wanita hamil bisa saja ngidam hal-hal yang menantang bahkan bisa membuat malu, seperti memegang kepala orang botak.

  1. Lebih sensitif terhadap bau

Pada saat hamil wanita menjadi lebih sensitif penciumannya. Bau-bau yang terlalu menyengat, meskipun bau yang positif seperi parfum, bisa membuat wanita hamil merasa mual dan bahkan sampai muntah. Sama seperti tanda kehamilan pada poin 2, penciuman yang lebih sensitif ini kemungkinan juga terjadi karena peningkatan kadar hormon.

  1. Mual dan muntah (morning sickness)

Seperti yang sudah kita bahas sekilas di atas, kondisi ini merupakan tanda kehamilan yang paling umum. Kondisi ini umumnya terjadi pada pagi hari sehingga sering disebut dengan morning sickness. Kondisi ini kadang bisa cukup mengganggu jika tidak hanya terjadi pada pagi hari dan terjadi kapan saja dan di mana saja.

  1. Lebih sering pipis

Wanita hamil biasanya lebih sering pipis. Terkadang rasa ingin buang air kecil ini tak tertahankan dan muncul lebih sering dari biasanya. Ini terjadi karena adanya peningkatan efisiensi kerja ginjal dan pertumbuhan uterus/rahim yang memberikan tekanan pada kandung kemih. Peningkatan jumlah cairan tubuh selama kehamilan juga menjadi faktor yang turut mempengaruhi. Tanda kehamilan ini bisa membuat Anda sering ‘berkunjung’ ke toilet, bahkan pada malam hari saat akan tidur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *