Tips dan Trik

Mengetahui Periode Perkembangan Usia Bayi 18 Minggu

Perlu Anda ketahui, jika usia bayi 18 minggu memiliki keunikan dan keragaman. Pastinya, sebagai orangtua Anda sangat memperhatikan tumbuh kembang si kecil serta sangat antusias dengan tingkah laku yang sudah bisa dilakukan sang bayi di usia tersebut.

Mengetahui Periode Perkembangan Usia Bayi 18 Minggu

Bagaimana Perkembangan Usia Bayi 18 Minggu?

Pada usia si kecil saat ini, mungkin ia sedang asyiknya bermain dengan anggota badan seperti tangan dan kaki dalam beberapa menit. Pastinya, Anda akan menyadari sesaat bahwa suasana di kamar tidur sangat sunyi dan secara spontan menemukan si kecil sedang bermain dengan kaki dan tangannya. Hal tersebut menandakan bahwa si kecil membutuhkan perhatian dan pantauan lebih dari orang dewasa. Adapun perkembangan usia bayi 18 minggu, ia sudah bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

  • Mengangkat dada dengan kekuatan tangan saat menelungkup
  • Memegang mainan diletakkan di belakang atau di atas jari-jarinya
  • Menjaga kepalanya tetap tegak saat digendong
  • Menggunakan kedua tangan dan kaki secara bersamaan dalam hitungan menit
  • Asyik bermain di dalam box
  • Fokus pada benda-benda berukuran kecil
  • Menjadi lebih antusias
  • Menggenggam benda

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Perawatan Usia Bayi 18 Minggu

Adapun perawatan bayi di usia 18 minggu yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  1. Mata merah

Mata merah atau bisa disebut juga konjungtivitis merupakan kondisi mata yang bengkak akibat bakteri, virus, ataupun alergi. Kornea dan bagian dalam kelopak mata akan mengalami iritasi,   sehingga mata Anda akan memerah dan mengeluarkan cairan berwarna kuning atau hijau, serta kering. Perlu Anda ketahui, mata bayi sulit terbuka di pagi hari. Jika si kecil mengalami gejala mata ini, segera periksakan ke dokter untuk menghindari risiko lebih lanjut.

  1. Berat badan bayi mulai berkurang

Di usia bayi beranjak 18 minggu ini, tentunya akan mengalami tumbuh kembang seperti bertambahnya berat badan yang ditandai dengan meningkatnya perkembangan dan keaktifan bayi. Jika sebaliknya, maka Anda perlu memperhatikan lebih baik perkembangan si kecil. Umumnya, faktor yang mempengaruhi ukuran dan bobot badan bayi adalah faktor genetik.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan dari Perkembangan Usia Bayi 18 Minggu

Umumnya, hampir semua bayi gemar mengisap jempolnya. Bahkan, sang bayi juga sudah melakukannya sejak masih ada di dalam kandungan. Hal ini wajar bagi seorang bayi, tak hanya digunakan untuk makan, mulut juga bisa dimanfaatkan si kecil untuk sekedar bermain-main.

Anda tak perlu khawatir, jika si kecil masih gemar menghisap jempolnya hingga duduk di bangku sekolah. Kegiatan menghisap jempol, bukanlah sebuah faktor gangguan emosi atau mental ataupun hal yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Berdasarkan penelitian, si kecil akan berhenti menghisap jempol sebelum berusia 5 tahun dengan sendirinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *