Perawatan Bayi

Mengetahui Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan

Bagi para orangtua baru tentunya sangatlah penasaran dengan perkembangan bayi mereka, terutama di tahun pertama, antara 0 hingga 12 bulan. Setiap bayi memang unik dan memiliki perkembangannya masing-masing, namun dari ukuran perkembangan normal tentunya ada beberapa tahapan yang perlu diketahui, yaitu sebagai berikut:

Bulan 1

Pada bulan 1 ini, perkembangan bayi yang sehat bisa dilihat ketika bayi mulai bisa mengangkat kepalanya sejenak serta pandangannya mengikuti objek yang bergerak disekitarnya. Saat ada suara yang menenangkan, ia mulai tenang, dan bayi juga bisa mengekspresikan ketidaksenangan dengan sebuah teriakan.

Bulan 2

Bayi usia dua bulan mulai bisa menegakkan kepalanya, selain itu ia juga sudah bisa mencari arah suara dengan penglihatannya. Bayi pun sudah mulai bisa tersenyum saat diberikan rangsangan kepadanya.

Bulan 3

Pada usia 3 bulan, perkembangan si kecil sudah mulai semakin lengkap. Saat tengkurap, bayi sudah bisa mengangkat kepala serta bahu. Sudah bisa mengikuti obyek yang bergerak 180 derajat. Sudah mulai bisa mengenali suara, objek, serta wajah orang-orang di sekitarnya. Si kecil pun sudah bisa mulai memberikan senyuman saat orang-orang di sekitarnya mengajaknya bermain atau bercanda

Bulan 4

Pada bulan ini, bayi sudah mulai berguling, bayi juga sudah bisa mengontrol kepalanya dengan baik. Sudah bisa mulai duduk saat dibantu, mulai bermain-main dengan tangannya dan mencoba menggenggam atau meraih sesuatu. Mulai membuat suara konsonan serta mulai bisa tertawa dengan keras.

Bulan 5

Pada bulan ini, gigi pertama bayi mulai tumbuh dan mulai memasukkan benda-benda ke mulutnya.

Bulan 6

Bayi mulai bisa menggigit dan mengunyah, mulai bisa menggenggam benda-benda dengan ukuran kecil dan mulai bisa mengenali orangtuanya.  

Bulan 7

Pada bulan ini, bayi mulai bisa duduk bersandar tanpa bantuan, koordinasi antara dua tangan pun mulai semakin baik karena bisa memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya.

Bulan 8  

Bayi mulai bisa memungut benda-benda di sekitarnya, mulai menggabungkan beberapa suku kata seperti  kata ‘papa’ dan kata ‘mama’.

Bulan 9

Pada bulan ke sembilan, bayi mulai merangkak dan bisa berdiri dalam waktu yang cukup lama. Mulai bisa memahami perintah verbal yang sederhana.

Bulan 10

Bayi mulai bisa menyeimbangkan tubuh ketika duduk dan bisa memahami ungkapan perpisahan seperti lambaian tangan. Mulai bisa mengucapkan kata selain mama dan papa. Mulai menikmati saat dibacakan buku cerita bergambar.

Bulan 11

Si kecil bisa berjalan dengan merambat pada benda-benda di sekitarnya, bisa memasukkan benda-benda ke dalam satu wadah. Memberikan ekspresi gembira ketika berhasil melakuka sesuatu dan bisa menggeleng saat tidak ingin sesuatu atau tidak menyukai sesuatu.

Bulan 12

Bayi mulai mencoba berjalan dan mulai memahami beberapa kata. Ia pun sudah bisa menirukan suara-suara di sekitarnya.  

Itulah perkembangan bayi yang bisa dijadikan sebagai pedoman bahwa bayi berkembang secara normal dan sehat. Perkembangan setiap bayi memang tidaklah sama dan apabila ada keterlambatan satu atau dua bulan, hal tersebt terbilang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *