Tips dan Trik

Mengobati Cacar Anak

Cacar anak biasanya memang terjadi sekali seumur hidup. Penyakit ini memang pasti diderita oleh semua orang di dunia ini dan menjadi penyakit yang wajar. Akan tetapi, bukan berarti dibiarkan begitu saja dan tidak diobati.

Cacar anak tentunya membuat anak merasa tidak nyaman dan merasakan sakit pada tubuhnya. Apalagi cacar juga menimbulkan rasa gatal luar biasa yang ingin selalu digaruk oleh anak. Padahal cacar ini tidak boleh digaruk, karena akan menular ke bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, pengobatan cacar pada anak yang tepat akan membuat penyakit ini lebih cepat sembuh dan anak bisa ceria kembali.

Lalu bagaimana merawat anak yang terkena cacar agar cepat sembuh? Para ibu bisa melakukan hal-hal berikut ini dalam pengobatan cacar pada anak:

Berikan Parasetamol

Untuk langkah pertama, berikan parasetamol pada anak. Parasetamol ini berfungsi untuk menurunkan panas serta meredakan nyeri dan sakit pada tubuh, pemberian parasetamol ini bisa dilakukan jika anak sudah berusia di atas dua bulan. Sebelum memberikan parasetamol pada anak, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter atau apoteker mengenai dosisnya. Apabila anak memiliki alergi parasetamol, maka bisa diberikan ibuprofen yang tentunya harus disesuaikan dengan usia serta dosis yang dibolehkan untuk anak, hal ini karena pemberian ibuprofen saat usia bayi masih dini dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan.  

Berikan Banyak Cairan

Agar anak terhindar dari dehidrasi, maka ibu harus memberikan banyak cairan pada anak. Apabila anak masih muda dan masih mengonsumsi ASI, maka berikan ASI sebanyak-banyaknya agar nutrisi serta kekebalan tubuh tetap terjaga.

Berikan Lotion Gatal

Agar gatal pada bayi tidak semakin parah, maka bisa gunakan lotion atau bedak gatal. Apabila anak berumur lebih dari satu tahun biasanya dokter akan memberikan resep antihistamin chlorphenamine yang akan memberikan efek menenangkan serta bisa membantu anak agar bisa tidur lebih nyenyak. .

Jangan Digaruk

Apabila terasa gatal, anak-anak biasanya akan reflek menggarukkan kukunya ke tubuh, hal ini tentunya bisa menyebabkan infeksi. Oleh karena itu jaga anak agar tidak menggaruk bagian yang gatal agar tidak semakin bertambah parah.

Gunakan Pakaian Longgar

Berikan anak pakaian yang longgar dan bisa menyerap keringat. Pakaian yang longgar akan mengurangi gesekan serta bisa mengurangi keringat pada tubuh.

Gunakan Sabun Anti Septik

Untuk mengurangi gatal, gunakan sabun anti septik pada anak ketika mandi.

Obat Alternatif

Selain menggunakan obat dari dokter, tak ada salahnya untuk mengobati cacar menggunakan bahan-bahan tradisional, salah satunya adalah dengan mengusapkan parutan jagung ke seluruh bagian tubuh.

Itulah hal-hal yang harus dilakukan untuk mengobati cacar anak. Selain memberikan pengobatan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, baik itu baju juga lingkungan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *