Tips dan Trik

Mengulas Seputar Masa Tumbuh Kembang Bayi Empat Bulan

Pada usia empat bulan, maka bayi sudah mulai berceloteh, mendengarkan dan juga dapat berguling dari tengkurap ke telentang maupun sebaliknya. Bayi empat bulan juga akan memiliki berat badan yang bertambah, bahkan dapat menjadi dua kali lipat dari usia kelahirannya. Pada umumnya untuk bayi laki-laki akan memiliki berat 5,6-8,6 kg dan dengan panjang kisaran 60-67,8 cm. Sedangkan untuk bayi perempuan memiliki berat 5,1-8,1 kg dan dengan panjang 58-66,2 cm.

 Mengulas Seputar Masa Tumbuh Kembang Bayi Empat Bulan

Melihat tumbuh kembang bayi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua agar para orang tua mengetahuinya. Bagi Anda yang memiliki bayi yang berusia 4 bulan, maka Anda dapat untuk mengetahui perkembangan bayi melalui ulasan berikut ini yang akan memudahkan diri Anda agar bisa melihat tumbuh kembang bayi. Meskipun setiap bayi memiliki tumbuh kembang yang berbeda, namun setidaknya ulasan berikut dapat dijadikan sebagai acuan Anda.

Untuk Bayi empat bulan, sudah mulai bisa menangkap vokal maupun konsonan dalam pembentuk kata-kata dasar pada bahasa yang sering kali didengarnya. Meski bayi belum dapat mengidentifikasi kata-kata apa yang dia dengar, akan tetapi bayi akan tetap bisa bersemangat dalam mengucapkan suku-suku katanya. Ada banyak perkembangan yang dapat Anda lihat pada bayi yang berusia 4 bulan.

Berikut ini tumbuh kembang yang dapat Anda ketahui:

  1. Bayi dapat mengkoordinasi antara tangan dan matanya pada saat melihat benda-benda yang bergerak.
  2. Bisa meraih benda-benda yang dapat menarik perhatiannya.
  3. Matanya bisa mengikuti pergerakan maupun perpindahan pada sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lain.
  4. Sudah bisa menegakkan kepala tanpa bantuan orang dewasa.
  5. Sudah bisa menggulingkan badan dari posisi tengkurap ke telentang, dan sebaliknya.
  6. Pada saat diberdirikan kakinya sudah bisa mengenjak-ngenjak lantai meskipun belum dapat berjalan.
  7. Sudah dapat di dudukan meskipun masih disangga orang dewasa.
  8. Sudah dapat mengoceh seperti pa-pa atau ma-ma dan menirukan bibir yang sedang berbicara kepadanya,
  9. Bisa tersenyum secara spontan pada hal-hal yang menarik perhatiannya.
  10. Dapat menirukan ekspresi orang yang dilihatnya, seperti tersenyum, tertawa dan yang lainnya

Meskipun pertumbuhan pada bayi yang satu dengan bayi yang lainnya tidak sama, namun setidaknya Anda sebagai orang tua dapat melihat perkembangan bayi Anda. Jika memang bayi Anda sekiranya memiliki pertumbuhan yang kurang baik, maka Anda dapat mengkonsultasikan pada dokter anak kepercayaan Anda. Terlebih lagi untuk bayi empat bulan yang memang cenderung sudah memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang cukup banyak, sehingga dengan mengetahui ulasan yang ada di atas inilah yang akan lebih memudahkan diri Anda untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *