Tips dan Trik

Menilik Beberapa Mitos Mengenai Bayi Baru Lahir

Bagi Anda yang telah berhasil melewati kehamilan dan kelahiran khususnya bagi Anda yang hamil untuk pertama kalinya dan belum memiliki banyak pengalaman, tentunya akan mengalami banyak kesulitan mengenai tatacara merawat pada bayi baru lahir yang memang dapat dikatakan susah-susah gampang. Ketika bayi Anda lahir, Anda akan melihat dua titik lunak di bagian atas kepala mereka dimana tulang tengkorak belum menyatu.

Menilik Beberapa Mitos Mengenai Bayi Baru Lahir

Anda mungkin harus memperhatikan pada titik-titik halus berdenyut seiring waktu dengan detak jantung bayi Anda atau bahkan membengkak ketika si kecil Anda berusaha melakukan kotoran atau sedang di tengah-tengah sesi menangis. Fontenelles juga bisa menjadi cekung, hal ini adalah tanda dehidrasi yang sering kali terjadi pada bayi. Penting sekali untuk Ana ketahui mengenai mitos-mitos mengenai bayi yang baru lahir.

Berikut ini ada 4 mitos mengenai bayi baru lahir yang dapat untuk Anda ketahui, yaitu:

  • Bayi harus buang air setidaknya satu kali dalam sehari.

Bayi yang baru lahir sering memiliki beberapa gerakan usus sehari, tetapi mereka mungkin buang air kecil setiap tiga hingga empat hari pada sekitar 2 bulan sampai usia 3 bulan. Jika gerakan usus sangat sulit dan jarang, hubungi dokter anak Anda.

  • Bayi harus dimandikan setiap hari.

Mandi menghilangkan kelembapan dari kulit halus bayi Anda, yang dapat membuatnya kering. Duduk di air mandi bersabun dapat mengiritasi uretra seorang gadis dan berpotensi menyebabkan infeksi saluran kemih.

  • Bayi yang mencapai tonggak awal adalah berbakat.

Banyak orang tua mendukung ide bakat saat lahir, tetapi ini tidak didukung oleh bukti. Pencapaian awal dapat menunjukkan masalah potensial yang menunjukkan kecenderungan untuk menjadi tangan kiri atau tangan kanan sebelum usia 18 bulan.

  • Menyentuh titik lunak bayi Anda dapat melukai otaknya.

Fontanel, atau titik lunak, di depan kepala bayi Anda adalah lubang yang tertutup kulit di tengkorak yang berdenyut, membuat takut beberapa orang tua. Ada anggapan tentang kerentanan, tetapi otak sebenarnya terlindungi dengan baik.

Pada bayi yang disusui, kotoran bayi bisa menjadi indikasi bahwa bayi mendapatkan laktosa terlalu banyak dari Anda. Ini biasanya disebabkan oleh terlalu sering memberi makan atau karena bayi tidak mencapai susu belakang yang lebih kaya di akhir makanan, hal ini adalah susu yang membuat mereka kenyang. Ingatlah untuk membiarkan bayi memberi makan sepenuhnya dari satu payudara sebelum menawarkan yang lain kepada mereka

Itulah beberapa mitos mengenai bayi baru lahir yang dapat untuk Anda ketahui lebih mendalam lagi, dengan begitu maka Anda pun bisa melihat antara hal yang benar dan hal yang menjadi mitos. Terlebih lagi karena banyaknya mitos yang ada inilah yang menjadikan banyak para ibu yang belum berpengalaman belum mengetahui mengenai hal-hal yang benar dan hal-hal yang salah mengenai bayi yang baru lahir.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *