Tips dan Trik

Menilik Beberapa Reflek Bayi Step Pada Bayi yang Baru Lahir

Salah satu saat yang paling ditunggu adalah saat kelahiran bayi. Setelah lahir, bayi memiliki bayi step yang refleks atau gerakan spontan yang merupakan respons dari stimulus dari luar atau yang diberikan. Adanya reflek pada bayi yang baru lahir menandakan jika aktivitas syaraf dan juga otak bayi berjalan dengan baik. Namun, reflek bayi baru lahir tersebut beberapa diantaranya akan hilang dengan sendirinya saat bayi sudah mencapai pada usia tertentu.

Menilik Beberapa Reflek Bayi Step Pada Bayi yang Baru Lahir 

Pertama adalah rooting reflek. Gerakan spontan pada bayi yang baru lahir ini terjadi saat Anda menyentuh bagian pada pinggir mulut bayi. Secara spontan bayi Anda akan mengikuti arah dari sentuhan tersebut dan membuka mulutnya. Reflek yang bertahan hingga usia bayi berusia 3-4 bulan ini akan membantu bayi saat ia sedang ingin untuk menyusu. Kedua adalah sucking reflek atau reflek menghisap yang akan muncul pada saat bayi masih dalam kandungan kala masuk usia 32 minggu dan sempurna di usia 36 minggu sehingga tidak heran jika bayi yang lahir prematur, umumnya belum dapat menghisap dengan baik.

Ketiga adalah refleks moro. Gerakan spontan ini terjadi saat bayi anda terkejut misalnya disebabkan karena suara yang berisik ataupun terjadi karena gerakan yang tiba-tiba. Bayi step reflek ini akan membuat anak secara tidak sadar menjulurkan atau memanjangkan lengannya ataupun menekukkan kakinya. Jenis reflek pada bayi ini akan muncul setelah bayi lahir dan akan bertahan hingga usia bayi mencapai 4 bulan. 

Keempat adalah asymmetric tonic neck reflex. Reflek ini muncul pada saat bayi lahir dan akan bertahan hingga usianya 2 bulan. Asymmectric tonic neck reflek yang merupakan refelk yang membuat bayi menengok ke salah satu sisi dan kemudian memanjangkan tangannya di sisi yang sama dan tangan yang ada di sisi berlawanan akan ditekuk. Kelima adalah palmar grasp reflek atau reflek menggenggam. Bayi akan menggenggam saat ada yang menyentuh tangannya dan jenis reflek ini akan bertahan hingga bayi berusia 3-4 bulan.

Reflek bayi step yang lainnya yang dimiliki saat bayi baru lahir adalah:

  • Reflek babinski. Jenis reflek ini akan muncul ketika Anda menggaruk telapak kaki dari bayi Anda. Nantinya gerakan spontan yang dihasilkan adalah jempol bayi yang akan mengarah ke atas dan jari-jarinya akan terbuka. Reflek milik bayi ini akan bertahan hingga bayi berusia 2 tahun.
  • Stepping reflex atau dance reflex atau walking reflex. Gerakan spontan ini membuat bayi terlihat seperti menari atau melangkah kala ia diposisikan di posisi tegak dengan kakinya yang menyentuh ke arah tanah. Walaupun gerakan ini muncul sejak lahir namun terlihat lebih jelas adalah saat bayi sudah berumur 4 hari.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *