Tips dan Trik

Menilik Perawatan yang Bisa Dilakukan Bagi Ibu Melahirkan Agar Segera Pulih Setelah Persalinan

Bagi ibu melahirkan tentu bentuk tubuhnya akan kembali ke masa sebelum kehamilan dialami, namun proses ini tentu tidak instan. Selepas proses persalinan tentu tubuh ibu akan sedikit lemah namun perlahan akan pulih dan baiknya memang demikian. Maka perlu ditunjang dengan asupan bergizi apalagi nantinya akan menyusui si kecil atau paling tidak merawat bayinya yang diberikan asupan susu formula. Perubahan lingkungan dan kesibukan bisa membuat seorang ibu baru mengalami depresi, terlebih jika kondisi tubuhnya tidak membaik maka akan semakin parah.

Perawatan Tepat Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Pasca persalinan tentu seorang ibu selain memperhatikan perawatan bayinya juga perlu memperhatikan tubuhnya sendiri supaya segera pulih dan siap dengan semua tugasnya sebagai ibu. Nah, lakukan beberapa perawatan berikut supaya tubuh segera pulih setelah persalinan:

  • Istirahat cukup dan konsumsi makanan bernutrisi,

Ibu yang melahirkan mungkin sangat sibuk mengurus bayinya namun jangan sampai sering begadang. Usahakan tidur sesering mungkin bersamaan saat bayi terlelap sebab bayi cenderung mudah bangun karena mudah lapar atau buang air maka ibu perlu pintar mencuri jam tidur. Imbangi pula dengan asupan nutrisi yang cukup agar badan segera pulih.

  • Lakukan olahraga khusus secara rutin,

Setelah ibu melahirkan ada baiknya tetap rajin bergerak dan berolahraga untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga semakin cepat untuk pulih. Pertimbangkan untuk jalan-jalan bersama bayi di waktu pagi keliling kompleks tempat tinggal. Kemudian saat bayi tidur Anda bisa mencoba melatih pernafasan dengan perut atau melatih otot diafragma. Selagi menyusui bayi bisa sekalian senam kegel, sehingga tubuh pun akan bugar dan siap untuk memberi perawatan terbaik pada anak.

  • Memberi perawatan pada organ intim,

Organ intim atau vagina tentu memerlukan perawatan khusus dan juga perhatian lebih, supaya otot-otot di daerah intim cepat kembali normal. Baiknya menjaga kebersihan organ kewanitaan dan dianjurkan saat buang air kecil dan besar di basuh dengan air hangat. Maka wajib menyediakan air di dalam tremors besar untuk keperluan ini. bagi yang melahirkan normal tentu perlu perawatan khusus pada vagina, dan selalu hati-hati saat mengurus keperluan di kamar kecil bisa pula diimbangi dengan jamu tradisional.

  • Merawat payudara sebaik mungkin,

Khusus untuk payudara tentu setiap ibu yang setelah melahirkan akan wajib memberikan perawatan ekstra. Terlebih jika memang tidak ada halangan untuk memberikan ASI pada si kecil maka aktifitas menyusui pun rutin dilakukan. Usahakan mengompres payudara dengan lap bersih dan kain hangat secara rutin supaya saluran ASI tidak tersumbat ASI yang mengering. Selain itu perlu memakai pad khusus untuk menangani masalah kebocoran ASI, perawatan pada payudara tentu wajib diketahui oleh semua ibu melahirkan sehingga tidak gagap.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *