Perawatan Bayi

Merawat Gigi Bayi yang Sedang Tumbuh dengan Cara Ini!

Perlu diketahui jika sejak bayi masih dalam bentuk janin dalam kandungan, giginya telah berproses untuk bisa berkembang yang berawal dari adanya tunas gigi. Namun gigi ini bisa benar-benar tumbuh ketika bayi sudah lahir dan telah berusia 4 sampai 7 bulan. Untuk bayi yang memiliki gigi tumbuh cepat, bisa juga diawali sejak usianya tiga bulan. Namun untuk bayi yang pertumbuhan giginya lebih lama, bisa menunggu hingga usianya setahun dan bahkan lebih. Yang pasti, orang tua juga wajib tahu cara merawat gigi bayi ketika sedang tumbuh.

Gigi pada bayi umumnya akan tumbuh secara urut mulai dari dua gigi pada rahang bawah di bagian tengah, dilanjutkan pada gigi rahang atas di posisi tengah lalu kemudian baru tumbuh satu per satu di bagian sisi dan di belakang mulutnya. Untuk gigi yang terakhir muncul yaitu pada bagian gigi geraham kedua di belakang mulutnya. Gigi geraham ini umumnya akan mulai tumbuh ketika usianya menginjak tiga tahun sehingga akan memiliki gigi lengkap.

Anda perlu tahu, jika anak akan bayi akan merasa tidak nyaman ketika giginya tumbuh mulai dari mudah marah dan rewel, susah makan, susah tidur hingga gusi bengkak dan keluar liur yang banyak. agar mengurangi ketidaknyamanannya, Anda bisa merawat gigi bayi dengan cara berikut ini:

  • Pijatlah pada bagian gusi bayi. Meski memang cara ini dianggap kuno, namun hal ini bisa membantu dalam meringankan rasa sakitnya. Cucilah tangan Anda sampai bersih dan pijat gusi bayi secara perlahan. Tekanan dari jari Anda akan membantunya menyeimbangkan tekanan dari bawah gusinya.
  • Bayi yang sedang tumbuh gigi juga gemar menggigit sehingga Anda bisa memberikannya mainan yang bisa digigit. Direkomendasikan mainan ini terbuat dari karet alami 100 persen, lateks atau silikon. Selain itu, pewarna pada mainan juga harus aman untuk si kecil.
  • Berikanlah es sehingga dapat meredakan sedikit rasa sakitnya dan pembengkakan yang mungkin terjadi. Namun bukan es batu yang diberikan, melainkan kain yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas sehingga Ia bisa menggigitnya. Anda juga bisa memilih makanan mulai dari yoghurt, wortel hingga pisang yang sudah masuk di kulkas namun tidak sampai beku.
  • Pastikan untuk tetap menyusui si kecil meski Ia terkadang menolak karena rasa sakitnya. Jika bayi sering menggigit puting, ada baiknya untuk memijat gusinya terlebih dulu sehingga Ia lebih nyaman dan meminimalisir gigitannya.

Itulah beberapa cara merawat gigi bayi ketika sedang proses tumbuh gigi. Jika dengan cara tersebut bayi tidak merasa nyaman dan semakin rewel, maka jangan ragu untuk membawanya ke dokter sehingga meminimalisir perburukan kondisinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *