Perlengkapan Anak

Mitos Soal Kehamilan: Ada Tentang Pakaian Dalam Wanita Juga Lho!

Kita hidup di Indonesia yang kental dengan nuansa tradisional. Nuansa tradisional ini sangat melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tidak jarang hal-hal tersebut adalah mitos belaka. Nah, tidak terkecuali saat kita dalam kondisi hamil. Banyak sekali ritual atau kepercayaan tertentu yang mungkin sudah tidak relevan di zaman modern seperti ini. Misalnya cara mengatasi mual dengan mengunyah daun sirih. Memang dengan aktivitas mengunyah daun sirih merupakan salah satu cara mengatasi mual saat hamil, namun yang terpenting bukanlah daun sirihnya, melainkan aroma dan rasa yang mengalihkan rasa mual ibu hamil dan hal ini bisa digantikan dengan yang lain.

Penasaran soal mitos yang lain? Berikut adalah beberapa di antaranya

Ibu Hamil Tidak Boleh Pelihara Kucing

Hal ini mungkin antara bisa disebut mitos atau fakta. Mitos jika Anda menyebutkan alasannya adalah kucing dapat menyebabkan ibu mengalami kesulitan selama persalinan dan membuat bayi cacat. Namun fakta jika kucing yang tidak dipelihara dengan bersih dapat menularkan sejumlah infeksi yang dapat menginfeksi kandungan pula. Hal ini yang menyebabkan bayi lahir cacat. Untuk mengatasinya, Anda harus selalu menjaga kesehatan diri maupun kebersihan hewan peliharaan. Sebisa mungkin tidak berkontak dengan kotoran kucing.

kucing.jpg (780×390)

Pakaian Dalam Wanita Hamil Bisa Menularkan Hamil

Bagi pasangan suami istri yang telah lama mendambakan kehadiran buah hati dalam rumah tangga mereka tentu sudah banyak usaha yang mereka lakukan. Suatu hal yang mungkin sulit diterima nalar, namun masih cukup banyak orang yang melakukan adalah dengan mengambil atau mencuri pakaian dalam wanita hamil. Hal ini diyakini dapat membuat sang istri lekas hamil. Caranya adalah dengan menggunakan pakaian dalam tersebut. Mitos ini percaya bahwa dengan mengenakan celana dalam seorang wanita yang tengah hamil (apalagi hamil tua), yang mengenakan akan ketularan hamil.

Tidak Boleh Berhubungan Badan

Banyak yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan berhubungan badan dengan suaminya selama kehamilan karena berpotensi menyebabkan keguguran. Namun ternyata, berhubungan badan dengan suami membuat ibu bahagia dan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin ini yang baik untuk ibu maupun janin. Pada usia kandungan yang tua, berhubungan badan dengan suami juga akan memperlancar persalinan.

Makanan Menentukan Jenis Kelamin

Jika ibu banyak mengonsumsi atau jadi senang makan daging, maka jenis kelamin yang dikandung adalah laki-laki. Sebaliknya, jika banyak mengonsumsi atau senang makan sayuran dan buah-buahan, maka jenis kelamin bayi menjadi perempuan. Faktanya, jenis kelamin bayi ditentukan dari sel kromosom saat sel sperma dan sel telur bertemu.

Air Kelapa Muda Membuat Kulit Bayi Putih

Banyak yang mengatakan bahwa dengan minum air kelapa muda selama masa kehamilan dapat membuat kulit bayi yang kelak dilahirkan menjadi putih bersih. Padahal, warna kulit ini ditentukan dari genetik kedua orang tuanya sehingga tidak berkaitan dengan pengonsumsian air kelapa muda selama kehamilan.

manfaat-air-kelapa-untuk-kesehatan.jpg (667×492)

Jarum dan Peniti di Tempat Tidur Bayi

Saat bayi sudah lahir, berbagai mitos pun masih santer bertebaran. Salah satu yang populer adalah orangtua meletakkan jarum atau peniti di tempat tidur bayi. Hal ini bertujuan agar bayi terhindar dari godaan jin dan makhluk halus lainnya. Tapi bisa dipastikan bahwa hal ini merupakan mitos belaka.

Menggendong Membuat Bayi Bau Tangan

Saat bayi menangis atau ingin tidur, sudah menjadi naluri orangtua untuk menggendong dan menimangnya agar tenang. Namun mitos mengatakan bahwa dengan terlalu sering menggendong membuat bayi bau tangan. Bau tangan inilah yang membuat bayi enggan diletakkan dari gendongan. Namun pada kenyataannya, dengan sering menimang dan menggendong akan membuat bonding atau ikatan antara ibu dengan anak semakin erat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *