Perawatan Bayi

NAMA BAYI DALAM ISLAM

Orangtua yang sedang menunggu kelahiran bayinya, pasti sudah menyiapkan sebuah nama, baik dari awal si istri dinyatakan hamil maupun saat trisemester akhir kehamilan. Biasanya ada dua nama yang disiapkan mereka. Yaitu, nama perempuan dan nama laki-laki. Karena bagaimanapun hasil USG masih suka salah, ketika bayi itu belum benar-benar dilahirkan. Salah satu yang menjadi rujukan orangtua dengan mencari nama bayi dalam Islam.

Yang harus diperhatikan orangtua saat bayi mereka belum dilahirkan tentang sebuah nama adalah memastikan bahwa nama tersebut baik. Karena sebuah nama untuk seorang bayi termasuk langkah awal dia memulai kebaikan di muka bumi. Sebab itulah banyak orangtua memperhatikan arti dari nama calon bayi mereka.

Nama bayi dalam Islam salah satu yang sekarang semakin banyak disukai, selain tentunya nama-nama yang berasal dari nama-nama artis terkenal, gugusan bintang, singkatan dari nama kedua orangtuanya, dan sebagainya. Namun begitu, orangtua pun harus benar-benar memastikan bahwa arti dari nama dalam Islam itu memang baik. Karena seperti bahasa lainnya, bahasa Arab yang menjadi bahasa dalam Islam, tentu memiliki kosa kata yang tidak baik.

Tugas Anda mencari tahu arti nama bayi dalam Islam yang akan Anda berikan pada nama bayi Anda. Di bawah ada beberapa referensi, dari mana saja nama bayi tersebut diambil:

Baca Juga: Tips Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir

  • Dari kumpulan buku nama-nama bayi

Sekarang sebenarnya sangat mudah mendapatkan nama-nama bayi dalam Islam dari kumpulan buku yang memang khusus dihadirkan untuk memudahkan orangtua mencari nama bagi bayinya, serta mengetahui arti dari nama tersebut. Beberapa nama bisa diambil dan disatukan sebagai nama panjang kelak si bayi. Tentunya arti nama itu harus juga memiliki arti yang sangat baik.

Nama seseorang menjadi doa ketika nama itu diucapkan atau disebut untuk memangil si empunya nama. Dengan arti yang baik, tentu saja seseorang itu terus-menerus didoakan oleh di pemanggil nama.

  • Dari nama sahabat-sahabat Rasulullah

Tidak sedikit orangtua yang memberikan nama anaknya dari nama sahabat-sahabat Rasulullah, bahkan julukan yang disematkan pada para sahabat pun tidak jarang ikut digunakan pula pada nama panjang anak mereka. Pemberian nama ini tentu saja diharapkan kelak anak-anak itu memberikan kebaikan seperti yang dilakukan para sahabat Rasulullah.

  • Dari nama tokoh-tokoh Islam

Selain sahabat-sahabat Rasulullah, beberapa orangtua sering pula kagum terhadap tokoh-tokoh Islam yang tersohor karena kepiawaiannya pada bidang yang digelutinya. Tokoh-tokoh ini tersebar di beberapa negara dan dikenal di dunia, bahkan oleh orang-orang di luar Islam. Karena kepintaran dan tersohornya para tokoh Islam ini, maka tidak salah pula jika orangtua mengharapkan anak-anak mereka seperti para tokoh ini.

Hanya saja, dari nama Islam yang orangtua berikan pada anak mereka, nama Allah tidak boleh digunakan. Dan jika anak-anak ingin diberikan dengan nama Asmaul Husna, maka harus ada kepanjangannya dan tidak boleh berdiri sendiri dengan nama Asmaul Husna tersebut. Pun tidak diperbolehkan memberikan nama dengan arti penyanjungan nama tersebut di atas nama Allah.

Demikian penjelasan nama bayi dalam Islam yang bisa menjadi referensi para orantua. Semoga membantu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *