Tips dan Trik

Nama Bayi Perempuan Jangan Hanya Terkesan Islami

Selagi menanti kelahiran anaknya, biasanya orang tua menyiapkan nama untuknya. Jika anak perempuan yang lahir akan diberi nama apa, dan jika laki-laki apa. Sebagai muslim, kita tentu ingin memberikan nama bayi Islami yang terbaik. Nama ini bukan hanya harus terdengar Islami, tetapi harus memiliki arti yang benar-benar Islami.

Sebelum Anda menentukan pilihan pada satu nama, Anda sebaiknya memeriksa lagi apakah pemberian nama ini sudah benar. Memberi nama bayi paling lambat dilakukan 7 hari setelah lahir, sesuai dengan sunnah Nabi Saw. Tugas ini diberikan kepada bapak karena kedudukannya dalam rumah tangga lebih tinggi daripada ibu dan nasab anak dikaitkan kepada bapak.

Di bawah ini ada beberapa tips dalam memberi nama bayi perempuan yang Islami. Semoga dengan mengikuti tips ini Anda bisa memperoleh nama yang sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya.

  • Gunakan nama dan rangkaiannya yang merujuk pada karakter yang unggul dan sifat yang baik, namun tetap merujuk pada kebesaran Allah.
  • Hindari nama-nama yang berkonotasi gelar superior atau malah rancu.
  • Gunakan nama-nama yang mengacu pada nama-nama tokoh perempuan beriman dalam Al-Quran, para sahabat Rasul Saw., ataupun istri-istri Rasul Saw.
  • Hindari nama-nama yang memiliki arti menghambakan kekuatan lain selain Allah.
  • Hindari nama-nama yang hanya boleh ditujukan bagi Allah saja.
  • Sebaiknya tidak menggunakan atau memadukan dengan nama-nama modern karena artinya bisa saja bertentangan dengan Islam.

Nama-nama yang sebaiknya dihindari

Selain yang dianjurkan, nama bayi perempuan Islam pun ada yang dimakruhkan, bahkan ada yang diharamkan. Oleh karena itu, para orang tua hendaknya meneliti kembali arti dan maksud dari sebuah nama sebelum memberikannya kepada anaknya.

Beberapa nama yang dilarang (diharamkan) mencakup nama para setan, nama para diktator zalim, atau nama yang tidak akan disukai oleh orang yang mendengarnya. Nama para malaikat pun termasuk yang diharamkan.

Sementara itu, nama bayi yang dimakruhkan adalah nama yang menganggap dirinya baik. Kita memang menginginkan anak kita menjadi orang yang baik, namun kadang nama yang kita berikan malah terkesan sombong. Sebagai contoh, nama perempuan Bakhitah yang artinya “orang yang beruntung”.

Contoh nama bayi perempuan Islam

Sebelum lanjut ke contoh nama bayi perempuan Islam, sebagai tambahan, berilah nama perempuan yang memang dikhususkan untuk perempuan pula. Akan menjadi rancu bila anak perempuan Anda malah diberi nama laki-laki atau berkesan nama laki-laki, bukan?

Semoga beberapa contoh berikut ini dapat membantu Anda:

Nama

Aabidah

Bahitsah

Durrotul Hikmah

Fatimah

Ghauthiah

Hajar

Iffah

Kadhimah

Lahfah

Mahabbah

Nawal Najah

Qamariyyah

Ridah

Sabikah

Taqiyyah

Unsyudah

Wardah

Yasawafi

Zainab

Arti

Tekun beribadah

Yang mengkaji; mencari

Mutiara hikmah

Putri Rasulullah Saw

Pertolongan

Istri Nabi Ibrahim As

Tahu harga diri

Yang dapat menahan diri

Kerinduan

Kasih sayang yang tulus

Hadiah

Jenis burung dara berkicau

Angin semilir

Wanita sahabat Nabi Saw

Bertaqwa

Syair dilantunkan

Bunga mawar

Patuh aturan

Pokok yang wangi dan indah; putri Rasulullah Saw

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *