Tips dan Trik

Pahami 5 Jenis Penyakit Bayi yang Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Bila harus dibandingkan dengan orang dewasa kondisi fisik seorang bayi dan balita itu mempunyai banyak sekali perbedaan. Yang paling utama adalah daya tahan tubuh yang kurang sempurna seperti yang lainnya. Artinya tidak heran jika penyakit bayi sering menghinggapi buah hati Anda yang baru lahir ketika kondisi kurang sesuai. Apalagi bayi merupakan masa dimana sedang beradaptasi dengan linkungan sekitar seperti saat panas, dingin ataupun lainnya yang berbeda ketika dalam kandungan.

Pahami 5 Jenis Penyakit Bayi yang Paling Umum dan Cara Mengatasinya 

Sebagai orang tua awal tentu melihat buah hati mengalami masalah pada tubuh akan lebih khawatir bahkan sangat panik. Tapi ada pula yang menganggap jika penyakit yang didalami oleh anak hanyalah biasa. Kedua kondisi itu tidak baik ketika Anda harus menangani atau merawat seorang bayi, artinya jangan terlalu menyepelekan tetapi juga jangan terlalu panik. Nah, sebelum membahas mengenai tips merawat bayi sakit ada baiknya Anda pahami beberapa jenis penyakit yang sering muncul pada bayi yaitu:

  • Diare.

Ini merupakan salah satu problem yang sering sekali muncul pada anak-anak, bayi ataupun balita, hal ini sudah di ungkap secara langsung oleh pakar kesehatan anak. Apalagi anak yang masih beradaptasi dengan berbagai jenis makanan ataupun minuman yang masuk dalam tubuh pasti akan beresiko besar untuk diare. Jika Anda mengalami masalah ini ada baiknya lakukan pemeriksaan, atau paling tidak memperhatikan lebih baik makanan yang masuk dalam tubuh.

  • Demam.

Demam merupakan kondisi dimana anak mengalami kenaikan suhu badan, ini merupakan salah satu bentuk respon terhadap perubahan seperti akan tumbuh gigi, setelah imunisasi ataupun yang lainnya. Untuk itu ada baiknya orang tua selalu menyediakan alat pengukur panas dan jangan sampai Anda mengalami kejang akibat kurangnya penanganan sigap.

  • Sembelit.

Sering sekali bayi atau balita menangis ketika buang air kecil, ini merupakan salah satu tanda penyakit bayi seperti sembelit menyerang. Makanya seperti pada kasus ketika anak mengalami diare, Anda perlu memperhatikan apa saja yang dikonsumsi oleh buah hati supaya tidak mengalami hal seperti ini.

  • Ruam.

Penggunaan popok setiap hari sering sekali mengakibatkan masalah besar, salah satunya adakah ruam popok. Hal ini dilihat dari kondisi kulit anak yang memerah dan gatal, yang sering menjadi penyebabnya adalah karena sensitive dan kurangnya kebersihan.

Pada dasarnya memang penyakit yang menyerang bayi atau balita itu sederhana, hanya saja tanpa penanganan yang tepat tentu akan berakibat buruk. Supaya tidak terjadi segala sesuatu yang lebih membahayakan akibat penyakit bayi yang tidak tertangani. Ada baiknya untuk Anda pahami apa saja yang menjadi gejala, cara perawatan dan cara mengantisipasi. Jika memang sudah terserang bisa langsung konsultasikan kepada dokter lebih ahli.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *