Tips dan Trik

Pahami Tanda-Tanda Anda Memasuki Gerbang Dunia Kehamilan Agar Anda Tidak Salah Tebak

Tanda-tanda memasuki gerbang dunia kehamilan antara wanita yang satu dengan yang lain bisa berbeda-beda . Mudah lelah, mual, dan muntah adalah sebagian dari tanda-tanda yang kerap dirasakan wanita. Meskipun demikian, tanda-tanda yang mirip dengan gejala awal kehamilan bisa juga terjadi karena banyak sebab lain. Untuk memastikannya, Anda tetap harus menjalani tes kehamilan.

Ketika merasakan gejala-gejala di atas, ada sebagian wanita yang langsung mengira dirinya hamil. Namun, ada juga sebagian lain yang justru tidak menyadari kehamilannya. Agar lebih mengenalinya, Anda bisa membaca tanda-tanda yang kerap dirasakan wanita saat memasuki gerbang dunia kehamilan.

Suasana hati yang berubah-ubah

Gerbang dunia kehamilan dimulai dengan suasana hati yang kerap berubah. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Gejala ini lumrah terjadi, terutama pada trimester pertama. Anda sebaiknya tidak terkejut karena Anda bisa sangat mudah menangis atau marah.

Sakit kepala

Gejala ini juga dipicu oleh adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Sakit kepala ringan, tetapi sering terjadi, adalah jenis sakit kepala yang kerap dirasakan oleh wanita yang tengah hamil.

Siklus haid terhenti

Ketika haid tak kunjung datang, rata-rata wanita akan langsung mencurigai dirinya sedang hamil. Namun, jangan terkecoh, sebab banyak juga kelainan yang menyebabkan terhenti atau tertundanya haid, seperti mengalami stres, konsumsi pil kontrasepsi, dan perubahan berat badan yang signifikan.

Baca Juga:5 Fakta Tentang Dunia Kehamilan Yang Perlu Anda Ketahui

Payudara bengkak

Perubahan kadar hormon di dalam tubuh juga mengakibatkan perubahan pada payudara. Payudara wanita yang hamil kemungkinan akan membesar, terasa lebih penuh, sakit, dan daerah areolanya akan menghitam.

Kram dan perdarahan

Kram pada bagian bawah perut kadang-kadang dialami oleh wanita yang baru saja hamil, mirip yang dialami ketika haid. Karena itu sebagian wanita kadang tidak menyadari bahwa dirinya mulai hamil. Kram ini disebabkan adanya aktivitas di rahim, yaitu menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Selain kram, wanita yang mulai hamil juga mungkin mengalami perdarahan implantasi , yaitu perdarahan yang hanya berupa bercak-bercak yang terjadi pada hari keenam hingga kedua belas setelah pembuahan.

Lebih sering pipis

Bila Anda merasa lebih sering pipis, baik pada siang hari maupun ketika jam tidur malam, itu mungkin tanda Anda memasuki gerbang dunia kehamilan. Kondisi hamil membuat tubuh memproses cairan lebih banyak. Cairan ini dibuang melalui kandung kemih, sehingga Anda pun menjadi sering pipis.

Reaksi terhadap makanan sangat berbeda

Ketika mulai hamil, akan ada dua reaksi Anda terhadap makanan. Anda bisa sangat tidak menyukai makanan tertentu atau bisa sangat menginginkan makanan tertentu (ngidam). Gejala awal kehamilan ini berhubungan dengan perubahan hormon.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *