Tips dan Trik

Panduan Membuat Menu MPASI Anak untuk Satu Hari Penuh

Umumnya, bayi yang sudah berusia 6 bulan sudah mulai bisa dikenalkan dengan makanan pengganti ASI atau juga disebut dengan MPASI. Pengenalan makanan pengganti ASI sejak dini dapat membawa dampak positif bagi bayi selama kebutuhan nutrisi mereka tercukupi dan bayi bisa menelan makanan dengan baik tanpa tersedak.

Panduan Membuat Menu MPASI Anak untuk Satu Hari Penuh

Kendati sudah bisa diberikan di usia 6 bulan, namun pemberian MPASI pada bayi juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena harus dilakukan secara bertahap. Pada proses pengenalan, makanan pengganti ASI yang sangat dianjurkan adalah bubur beras merah atau bubur sagu. Jika bayi sudah beradaptasi dengan makanan padat, barulah Anda bisa memberikan menu yang lebih bervariasi.

Untuk Anda yang tengah bingung menyiapkan menu MPASI untuk si kecil, ada beberapa panduan lengkap bagaimana membuat menu makanan pengganti ASI anak untuk satu hari, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam hingga camilan.

Makanan Pengganti ASI untuk Sarapan

Untuk menu MPASI sarapan si kecil, sebenarnya lebih mudah dibuat jika dibandingkan dengan menu makanan karena hanya mengandalkan bahan makanan non-karbohidrat dan protein yang tinggi. Beberapa menu yang bisa Anda buat seperti mengolah tempe kukus yang sudah dibumbui bawang merah dan bawang putih, sayuran brokoli dan kentang rebus yang sudah dibumbui kemudian disaring, sereal dan yogurt tawar yang dicampur dengan bubur apel (rebus apel terlebih dahulu) atau Anda bisa membuat menu sederhana seperti bubur buah pir yang dicampur dengan susu.

Makanan Pengganti ASI untuk Makan siang

Untuk makan siang, Anda juga bisa membuat menu MPASI yang beragam, seperti nasi campur bayam dan ikan tuna, ati ayam goreng yang sudah diberi bumbu kemudian disaring dengan nasi dan rebusan wortel yang dicampur dengan keju lembut. Jika Anda ingin membuat makanan pengganti ASI yang campuran bahan makananannya lebih bervariasi, Anda bisa membuat serela bayi yang dicampur dengan berbagai buah dan sayur. Langkah pertama untuk membuat menu ini adalah mencampurkan 2 sendok makan sereal bayi dan 2 sendok makan buah atau sayuran rebus yang bisa Anda pilih, seperti kacang polong, saus apel atau bubur ubi manis.

Makanan Pengganti ASI untuk Makan Malam

Dalam membuat menu MPASI, Anda harus memperhatikan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Meski sifatnya hanya pendamping, namun makanan pengganti ASI juga harus mengandung nutrisi seperti vitamin dan protein yang tinggi. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan menu makanan pengganti ASI dengan bahan dasar makanan yang kaya akan protein seperti ikan, kacang-kacangan dan daging.

Menu pertama MPASI untuk makan malam adalah olahan daging. Siapkan 2 sendok makan daging ayam atau daging sapi yang sudah direbus lalu haluskan. Kemudian campurkan dengan 2 sendok makan wortel rebus yang sudah dihaluskan. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan finger food berupa buah, seperti pisang atau mangga.  Sedangkan untuk menu lainnya, Anda bisa membuat campuran kuning telur rebus dan minyak kelapa atau nasi tim yang dicampur dengan kacang polong yang sudah dihaluskan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *