Tips dan Trik

Panduan untuk Para Bunda Saat Membersihkan Organ Intim Bayi Perempuan

Segala hal tentang buah hati pastinya orang tua menginginkan yang terbaik, seperti melakukan perawatan pada kulit yang sensitive. Bukan hanya pada bagian kulit luar tetapi juga bagian organ intim bayi yang cukup riskan sekali mengalami masalah. Kulit tipis akan mudah rapuh ketika tidak dilakukan penanganan secara baik. Tetapi jika orang tua memutuskan untuk tidak membersihkan justru akan menjadi masalah yang sangat besar. Ya, resiko menjadi sumber penyakit bisa saja terjadi karena kurang baik merawat bagian intim.

 Panduan untuk Para Bunda Saat Membersihkan Organ Intim Bayi Perempuan

Sama seperti orang dewasa, perawatan organ vital bayi perempuan secara benar dan tepat sejak dini itu sangat diperlukan sekali. Misalnya saja ketika mengganti popok, membersihkan kotoran yang menempel, ataupun yang lainnya. Anda bisa memilih jenis kain lembut yang dibasahi kemudian lap pada bagian yang kotor. Bisa juga menggunakan tisu atau apapun yang tidak mengandung alkohol, biasakan untuk mengusap dari depan menuju belakang. Hal itu tentunya bertujuan supaya tidak ada kotoran yang masuk dalam vagina, jika itu terjadi Anda perlu melakukan beberapa hal seperti:

  1. Sebelum memegang alat kelamin buah hati perempuan Anda, pastikan segala bentuk peralatan ataupun angan steril dari berbagai kuman. Jangan sampai tangan setelah digunakan untuk memegang bumbu dapur langsung digunakan untuk membersihkan anak.
  2. Lalu pisahkan baju bayi yang terkena kotoran ataupun yang lainnya, ambil kain yang sudah diberi sedikit air basah lalu bersihkan. Ingat, pilih selalu kain yang lembut dan tidak mengandung berbagai bahan berbahaya.
  3. Bersihkan bagian organ intim bayi perempuan Anda secara perlahan, cara mengusapnya mulai dari bagian belakang sampai dengan sepanjang lipatan yang ada pada kelamin buah hati Anda.
  4. Pastikan segala sisi bersih dari kotoran yang menempel ataupun tersisa sehingga tidak menimbulkan masalah kedepannya.

Secara umum bagian vagina bayi itu sudah mempunyai kemampuan untuk membersihkan diri sendiri. Tetapi memang ketika ada kotoran yang menempel ataupun lainnya dan masuk kedalam bibir vagina pasti cukup berbahaya. Makanya sebelum segala sesuatu terjadi pada buah hati Anda, ada baiknya untuk melakukan perawatan sejak dini dengan baik dan tentunya tepat. Jangan sembarangan, apalagi itu menyangkut kesehatan dan masa depan anak Anda.

Jika pada bayi yang baru saja lahir dan mempunyai umur sekitar satu ataupun dua minggu pasti vagina akan menunjukkan warna yang lebih memerah atau membengkak. Bila Anda melihat hal itu tidak perlu dikhawatirkan, karena itu bisa terjadi secara normal. Tetapi hal itu perlu untuk diwaspadai ketika sudah terjadi lebih dari 5 ataupun 6 minggu. Segera periksakan ke dokter akan kondisi organ intim bayi perempuan Anda sebelum semuanya terlambat. Itulah sedikit ulasan mengenai perawatan kelamin bayi perempuan, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *