Perawatan Bayi

Pasangan Muda, Mari Belajar Merawat Bayi Baru Lahir

Selain menguras tenaga dan emosi, kehadiran bayi juga menimbulkan kekhawatiran. Bahkan, banyak orang tua, terutama pasangan muda yang baru memiliki anak, mengalami kebingungan dalam merawat bayi baru lahir.

Sejak jauh-jauh hari, Anda mungkin telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati. Namun, penyesuaian besar tetap perlu Anda lakukan karena Anda kini memiliki peran baru sebagai orang tua.

Mari terapkan hal-hal ini

Risiko kelelahan sepanjang hari kerap melanda kebanyakan orang tua baru pada saat merawat bayi baru lahir. Tidak jarang, mereka juga dilanda tekanan berlebih, terlebih bila baru memiliki anak pertama. Oleh karena itu, yang harus diperhatikan pertama kali adalah bagaimana orang tua mengelola tekanan yang ada. Mari terapkan hal-hal di bawah ini untuk mengelola tekanan tersebut.

Jangan takut

Melihat mungil dan lucunya buah hati memunculkan kekhawatiran tidak mampu merawatnya dengan baik dalam diri Anda dan pasangan. Anda sebaiknya membicarakan hal ini bersama-sama agar kecemasan ini berkurang. Selain itu, tertawa ceria bersama bayi dan pasangan Anda bisa menguraikan ketakutan yang ada. Jangan takut dan tidak percaya diri terhadap rutinitas baru untuk Si Kecil, seperti mengganti popok atau ketika menenangkan bayi. Pada awalnya mungkin terkesan kaku, tapi pada akhirnya bisa Anda bisa terbiasa dan menjadi mudah.

Menjaga kondisi fisik

Merawat bayi baru lahir memang sering mengakibatkan kurang tidur. Namun, Anda sebaiknya menghindari konsumsi kafein atau makanan pengusir rasa kantuk lainnya. Tetap konsumsi makanan sehat, cukupi kebutuhan air harian, dan pastikan selalu menghirup udara segar. Tidurlah bersamaan dengan waktu tidur buah hati Anda agar kondisi Anda tetap bugar. Mintalah pasangan untuk bergantian menjaga buah hati Anda saat malam hari. Selain itu, sesekali ajaklah bayi untuk menikmati hal-hal yang menjadi minat Anda sehingga dapat membuat Anda lebih berenergi saat merawat Si Kecil.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Dalam Merawat Bayi

Jangan mengurung diri

Anda tidak perlu ragu untuk keluar rumah saat merawat bayi baru lahir. Bayi yang rewel saat di dalam rumah, mungkin akan ceria saat diajak keluar rumah untuk sekadar berjalan-jalan menghirup udara segar.

Untuk sementara waktu, memiliki bayi juga berarti membatasi hubungan dengan teman-teman dan keluarga Anda. Namun sesekali, biarkan mereka ikut membantu mengasuh bayi Anda. Jangan menolak saat mereka hendak menggendong bayi atau kegiatan lainnya yang bisa menghemat tenaga Anda.

Tunda dahulu pekerjaan lain

Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk menjaga hal-hal yang biasa dilakukan sebelum lahirnya Si Kecil. Mencuci pakaian dan membersihkan seisi rumah bisa ditunda dahulu agar tidak terlalu lelah saat merawat bayi baru lahir.

Menghemat energi juga bisa dilakukan dengan cara mengurangi kegiatan yang cenderung memakan waktu lama, misalnya memasak. Jika sebelumnya Anda terbiasa menyiapkan makan malam lengkap, dengan tidak mengesampingkan nilai gizi di dalamnya, maka kini siapkan makanan yang mudah diolah saja.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *