Perawatan Bayi

Pastikan Rutin Posyandu dan Pantau Berat Badan Anak untuk Deteksi Asupan Gizinya

Untuk memiliki anak yang tumbuh dengan sehat dan sempurna baik fisik, mental dan kesehatannya tentu tentunya hal ini tidak akan bisa terbentuk dengan sendirinya melainkan para orang tua juga harus tahu cara perawatan anak. Hal penting yang tak akan bisa dilepaskan adalah dengan rutin ikut Posyandu dimana di sini anak akan bisa dapatkan kapsul berupa vitamin A, imunisasi, pemeriksaan tubuh dan kesehatan hingga stimulasi tumbuh kembang si kecil.

 Pastikan Rutin Posyandu dan Pantau Berat Badan Anak untuk Deteksi Asupan Gizinya

Tiap anak harus sudah memiliki KMS atau Kartu Menuju Sehat dimana setiap ada penimbangan berat badan, maka akan dicantumkan di dalamnya. Dari situ maka bisa terlihat apakah anak sudah tumbuh dengan normal dan baik atau tidaknya. Tiap bulannya, berat badan anak seharusnya meningkat dan mampu mengikuti garis pertumbuhannya. Jangan sampai jika berat badan anak berlebihan atau justru malah kekurangan karena keduanya tak akan baik untuk kesehatan. 

Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat jika Anda rutin melakukan pengecekan pada berat badannya dengan rutin di Posyandu, diantaranya:

  • Mendeteksi gangguan serta penyimpangan tubuh kembang sejak dini sehingga bisa dilakukan tindak lanjut yang baik dan tepat.
  • Hal ini pun bisa mendeteksi gangguan gizi pada anak misalnya ketika terjadi gizi buruk yang belakangan jadi isu kembali.
  • Penimbangan berat badan juga bisa mengetahui apakah balita itu telah tumbuh dengan sehat atau tidaknya.
  • Anda juga bisa dapatkan imunisasi dan juga penyuluhan gizi darinya.

Bagi anak yang memang mengalami kekurangan berat badan, ada baiknya orang tua turut andil dengan memberikan asupan gizi yang tepat pada anak misalnya:

  • Protein – protein ini adalah bahan utama untuk menyusun sel di tubuh manusia. Dengan demikian maka protein ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil.
  • Serat – Untuk mendukung sistem pencernaan yang ada di anak, maka asupan serat di anak pun wajib ada. Dengan menyantap makanan dengan kandungan serat, maka pencernaan anak akan bisa lancar. Serat pun bisa didapat dari banyak jenis buah dan sayur.
  • Kalsium – Kalsium difungsikan untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak. Keju dan yoghurt serta susu menjadi sumber kalsium yang mudah didapatkan..
  • Zat besi – Zat besi ini bisa membawa oksigen di dalam darah serta mampu menjaga agar semangat anak bisa tetap maksimal Untuk bisa mencukupinya, maka makanan berupa ikan dan daging juga harus Anda sediakan.
  • Asam folat – asam folat dimana memberikan peran untuk kebaikan sel otak anak ketika masa tumbuh kembangnya. Kondisi anak dengan kekurangan asam folat pun mampu memberi resiko anemia.

Dengan tahu kondisi anak melalui pemeriksaan di Posyandu, maka Anda akan bisa memberikan penanganan tepat pada si kecil sehingga dirinya bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *