Kesehatan / Teknologi

Penasaran Apa Itu Radiasi Elektromagnetik?

Setelah mendengar banyak orang mengatakan bahwa radiasi hp juga dapat mempengaruhi kinerja dari organ tubuh manusia, mungkin ada baiknya juga untuk kita berkenalan dengan apa yang dimaksud oleh radiasi elektromagnetik. Apakah keduanya memiliki tipe yang sama? Apa saja bahayanya? Hingga apa sebab sebab yang menyebabkan adanya radiasi tersebut? Daripada penasaran, lebih baik kita simak saja yuk mulai dari pengertian, jenis, bahkan efeknya.

Radiasi elektromagnetik merupakan adanya kombinasi medan listrik dan medan magnet yang berosilasi dan merambat pada ruang dan membawakan energi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Cahaya juga merupakan salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik. Heinrich Hertz, yang merupakan penemu gelombang elektromagnetik, yang termasuk pada gelombang transversal.

Untuk lebih singkatnya, bahwa segala muatan listrik yang memiliki percepatan akan memancarkan radiasi dengan sifat elektromagnetik ini. Misalnya saja pada sebuah kawat atau penghantar seperti pada antena yang menghantarkan arus bolak balik, radiasi ini dirambatkan pada frekuensi yang sama pula dengan arus listrik yang ada sehingga gelombang elektromagnetiknya bersifat seperti partikel.

Ternyata gelombang elektronik ini ada jenis dan manfaatnya loh.

Check it Out!

  1. Sebagai gelombang radio (MF dan HF), untuk komunikasi pada radio yang biasanya siarannya dapat kita nikmati setiap hari.
  2. Sebagai gelombang radio (UHF dan VHF), memanfaatkan sifat pada gelombang UHF dan VHF yang dapat menembus lapisan atmosfer, biasanya digunakan untuk komunikasi via satelit.
  3. Sebagai gelombang mikro, yang dapat digunakan pada mesin pemanas microwave, televisi, sebagai komunikasi RADAR yang dapat membantu transportasi seperti pesawat terbang dan kapal laut.
  4. Sinar Inframerah, yang biasanya digunakan untuk fisiotherapy, untuk membantu fotografi diagnosa penyakit maupun alam dan bumi, digunakan sebagai remote control, dan digunakan pada bidang militer.
  5. Cahaya sinar, tentunya yang dapat membantu penglihatan manusia.
  6. Sebagai Sinar UV, membantu proses fotosintesis pada tumbuhan hingga dapat digunakan untuk mensterilkan alat alat kesehatan.
  7. Sinar X atau sering disebut dengan sinar rontg
  8. Hingga pada Sinar Gamma.

Paparan radiasi sinar UV yang berlebih pada manusia, hewan, maupun tanaman, memiliki dampak yang negatif. Pada sinar x dan sinar gamma, gelombang elektromagnetiknya dibilang cukup tinggi. Hingga sering juga disebut sebagai radiasi ionisasi karena  keduanya mampu mengionisasi molekul pada jalur yang dilalui. Adanya pemaparan gelombang yang tidak terkendali dari radiasi ionisasi tersebut, jika dalam jumlah yang besar tentunya akan menyebabkan efek, baik menyebabkan suatu penyakit hingga kematian pada manusia.

Ada beberapa efek yang dapat ditimbulkan akibat adanya paparan radiasi gelombang elektromagnetik. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengamati efek biologis dari adanya radiasi gelombang elektromagnetik ini. Namun, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti dengan pembuktian yang berhasil bahwa bila manusia terkena paparan dari gelombang elektromagnetik dengan frekuensi yang rendah akibat saluran transmisi, akan menyebabkan beberapa penyakit. Walaupun belum diketahui sebabnya secara pasti, yang pasti Anda harus tetap berhati hati, apalagi dengan kondisi kehamilan, https://review.bukalapak.com/mom/5-bahaya-radiasi-hp-bagi-ibu-hamil-3468

Radiasi dari gelombang elekromagnetik secara berlebihan, dapat digambarkan dengan adanya gangguan pada organ organ tubuh manusia yang berupa kehilangan fungsi pendengaran, perumahan pada jaringan mata, gangguan pada reproduksi, hingga pada tumor dan kanker.  Sedangkan dari segi efek psikologis yang dapat terlihat, orang yang mendapatkan atau terkena paparan radiasi gelombang elektromagnetik secara berulang akan menyebabkan ia menjadi stres dan timbul ketidaknyamanan pada tubuhnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *