Tips dan Trik

Pengobatan Cacar Anak

Sebenarnya penyakit cacar air pada anak bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, karena proses penyembuhan biasanya berlangsung lama dan rasa sakit selama prosesnya, kebanyakan orang tua akan mencari cara agar cacar anak lebiih cepat mengering secara alami. Salah satunya adalah dengan mencegah anak menggaruk bagian yang gatal.

Pemberian vaksin adalah cara yang paling efektif dalam melindungi tubuh anak dari serangan cacar. Berdasarkan penelitian pada 100 anak yang divaksinasi, efektivitas vaksin dalam mencegah cacar anak mencapai angka 97%. Hanya 3 orang anak saja yang terkena cacar air dalam kategori ringan. Bahkan, jika sebelum usia 13 tahun anak sudah divaksinasi, maka dia kemungkinan tidak akan terkena cacar air seumur hidupnya.

Di Amerika vaksin cacar air sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak berusia 1 tahun ke atas. Ikatan Dokter Anak Indonesia pun berpendapat demikian, dan hanya dilakukan satu kali saja karena kemungkinan anak untuk mendapat kekebalan secara alamiah masih tinggi. Namun, jika anak telanjur sudah terkena, Anda bisa memberikan beberapa pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhan cacar anak, di antaranya:

  • Berikan paracetamol untuk menurunkan demam sekaligus meredakan sakit dan nyeri yang dirasakan anak. Bila anak alergi terhadap paracetamol, sebagai alternatifnya Anda bisa memberikan ibuprofen. Jangan lupa berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter agar didapat dosis yang sesuai dengan usia anak.

    Baca Juga: 4 Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Cacar Anak

  • Di samping untuk mencegah dehidrasi, memperbanyak minum air putih juga merupakan cara yang baik untuk memnyembuhkan cacar anak. Untuk bayi, berikan banyak ASI agar kekebalan tubuhnya semakin meningkat.
  • Untuk mengurangi gatal-gatal, berikan lotion kalamin. Selain itu, anthistamin chlorphenamine biasanya diresepkan oleh dokter agar gatal anak berkurang dan membuat tidurnya menjadi nyenyak.
  • Salep acyclovir juga bisa digunakan untuk bintil cacar yang baru agar tidak menyebar ke area yang lebih luas. Oleskan salep ini setiap 3 jam pada anak.
  • Bedak caladine dipercaya efektif untuk mencegah penyebaran cacar dan mencegah cacar kecil menjadi besar. Bahkan, bedak ini juga mampu mengeringkan cacar secara langsung. Bedak ini bisa ditaburkan pada seluruh tubuh anak secara berkala. Jangan lewatkan bagian tubh yang belum terkena cacar agar tidak terjadu penyebaran.
  • Jika cacar pecah, luka dan infeksi biasanya akan terjadi hingga bisa menimbulkan infeksi lanjutan. Untuk mencegahnya, gunakan alkohol untuk membersihkan luka tersebut.
  • Potonglah kuku anak yang panjang agar dia tidak menggaruk bagian tubuhnya yang gatal akibat cacar, sehingga dapat mencegah terjadinya bintik-bintik baru yang dihasilkan oleh infeksi.
  • Kenakan pakaian longgar dengan bahan katun agar gatal yang dirasakan anak berkurang dan dapat terhindar dari keringat.
  • Jika bintil anak terinfeksi, mengalami bengkak dan mengeluarkan nanah atau mengalami demam yang begitu tinggi, muntah, sakit kepala dan gatal yang tak kunjung hilang, segeralah periksakan anak kepada dokter agar bisa ditangani dengan lebih baik.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *