Perlengkapan Anak

Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Di Awal Kehamilan

Menjaga kesehatan saat hamil merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain istirahat dan cukup, menjaga kesehatan janin juga bisa dilakukan dengan menjaga pola makan. Ya, wanita yang sedang hamil memang harus berhati-hati dalam hal makanan. Jangan sampai mengonsumsi makanan sembarangan yang dapat mengurangi perkembangan janin yang dikandung. Para ibu hamil ini harus mengonsumsi makanan sehat di awal kehamilan. Hal ini bertujuan agar janin yang masih berusia muda tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan kuat.

Nah, makanan yang baik dikonsumsi oleh Ibu hamil adalah makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi. Nah, asam folat sendiri merupakan vitamin B9 yang memiliki peranan penting bagi tubuh. Di dalam tubuh, asam folat bekerja untuk menjaga sistem saraf, mengolah karbohidrat dan lemak, serta aneka manfaat lainnya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan janin. Lalu, apa saja jenis makanan yang mengandung asam folat dengan kadar yang tinggi?

Mengenal Aneka Makanan Awal Kehamilan Dengan Kandungan Asam Folat Yang Tinggi

Asam folat merupakan jenis nutrisi yang sangat wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini mengingat bahwa manfaat asam folat sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan janin yang dikandung. Asam folat dapat mencegah terjadinya cacat lahir pada bagian tulang belakang, saraf tulang belakang serta pada otak. Asam folat merupakan zat yang dapat mendukung pertumbuhan otak janin. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah kelahiran bayi prematur dengan berat badan yang rendah. Manfaat asam folat untuk program hamil memang sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi:

  1. Buah

Buah merupakan sumber asam folat yang baik. Beberapa buah diperkaya dengan asam folat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis buah dengan kandungan asam folat yang tinggi di antaranya adalah buah jeruk, pisang, pepaya, alpukat, bit, apel, dan melon.

  1. Sayur

Sama seperti buah, sayur juga merupakan bahan makanan yang sangat wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini mengingat bahwa sayur juga merupakan sumber asam folat yang baik. Beberapa jenis sayur yang kaya asam folat adalah bayam, brokoli, asparagus, lobak hijau, sawi hijau, serta selada.

  1. Telur dan ikan salmon

Telur dan ikan salmon merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, keduanya juga merupakan sumber asam folat yang sangat tinggi. Telur dan ikan salmon bisa menjadi pilihan makanan awal kehamilan yang dapat membantu menjaga dan mendukung perkembangan otak janin.

  1. Susu dan yogurt

Susu dan yogurt merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Selain itu, bahan makanan ini juga menjadi sumber asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Keduanya dapat dikonsumsi untuk penguat janin di awal kehamilan.

  1. Kacang dan biji-bijian

Beberapa jenis biji dan kacang-kacangan juga merupakan sumber asam folat yang tinggi. Jenis biji dengan kandungan asam folat yang tinggi di antaranya adalah gandum, sereal, dan jagung. Sementara itu, jenis kacang dengan kandungan asam folat yang tinggi antara lain kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang polong.

Nah, itulah beberapa sumber asam folat yang didapatkan dari bahan-bahan makanan. Karena manfaat asam folat sangat baik untuk penguat janin di awal kehamilan, maka sebaiknya ibu hamil rutin mengonsumsi beberapa jenis bahan makanan tersebut. Dengan begitu, maka janin di dalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat, kuat, dan lahir dengan sempurna tanpa kekurangan satu apa pun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *