Tips dan Trik

Pentingnya Peranan Posyandu untuk Kesehatan Masyarakat

Pos Pelayanan terpadu atau yang dikenal dengan sebutan Posyandu merupakan pusat ataupun tempat yang dikelola oleh masyarakat setempat untuk memberikan pelayanan kesehatan serta mensukseskan berbagai program terkait dengan pengembangan keluarga berencana ditengah-tengah masyarakat pengelolanya. Pos pelayanan yang dikelola oleh masyarakat ini, dikelola secara bersinergi oleh masyarakat setempat, dengan dibantu dan didampingi oleh tenaga kesehatan yang memang ditunjuk untuk mengelola pusat pelayanan masyarakat tersebut. Tidak hanya para balita saja, seperti layaknya stigma yang telah berkembang dikalangan masyarakat mengenai pos pelayanan ini, namun para orang tua pun dapat menggunakan pos pelayan ini untuk memeriksakan kesehatan mereka secara lebih menyeluruh.

 Pentingnya Peranan Posyandu untuk Kesehatan Masyarakat

Pos pelayanan dari dan untuk masyarakat ini, secara umum memiliki sistem kerja yang disesuaikan dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, dan menjalankan tugas dan wewangian yang juga menjadi kebijakan dari Pemerintah daerah ataupun Pusat, mengenai penanganan kesehatan bagi masyarakat setempat. Tidak hanya terbatas pada pemeriksaan kesehatan saja, namun pemberian vaksin dan pelayanan kesehatan pun dapat diperoleh masyarakat melalui pos pelayanan tersebut.

Berikut ini beberapa pelayanan yang sekaligus menjadi fungsi dari sebuah posyandu, yang ada di lingkungan masyarakat Indonesia, yang antara lain adalah:

Baca Juga:Anda Tidak Perlu Takut Vaksin Bayi Palsu Lagi

  • Masyarakat akan dapat memperoleh kemudahan terkait dengan informasi kesehatan, terutama bagi ibu, balita dan lansia.
  • Masyarakat dapat memantau kesehatan balita dan lansia secara berkala, sehingga berbagai keluhan kesehatan atau bahkan gizi buruk dapat dihindari.
  • Adanya program imunisasi serta pemberian vitamin gratis melalui pos pelayanan ini, akan lebih memudahkan masyarakat dalam menjaga kesehatan pada diri mereka serta anggota keluarga lainnya.

Dengan terpantaunya kesehatan pada masyarakat setempat, maka keluhan serta menyebarnya berbagai kuman ataupun virus penyakit dapat dihindari dengan mudah. Untuk menjalankan fungsi dari pos pelayanan ini, maka dibutuhkan komitmen yang tinggi dan peran serta dari masyarakat secara menyeluruh. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara berkala, pada umumnya sebulan sekali ini, juga memungkinkan masyarakat dari berbagai wilayah rukun tetangga dapat bersilaturahmi dengan baik, ketika berada pada pos pelayanan terpadu tersebut.

Pentingnya peranan Posyandu bagi pemantauan kesehatan masyarakat inilah, yang harus selalu kita jaga keberlangsungannya. Peran serta masyarakat dalam menjaga keberlangsungan pos pelayanan terpadu inilah yang akan dapat menentukan tingkat perkembangan didalamnya. Tidak hanya harus kita kembangkan dalam hal menjaga kesehatan masyarakat setempat saja, pos pelayanan ini juga dapat kita manfaatkan untuk saling bertukar informasi mengenai berbagai hal positif yang ada didalam masyarakat, sehingga baik strata sosial ataupun ekonomi dalam masyarakat tersebut dapat berkembang dengan baik. Marilah bersama-sama untuk selalu menjaga keberlangsungan dan fungsi dari pos pelayanan terpadu, agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara menyeluruh dalam bidang kesehatan ataupun bidang lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *