Perawatan Bayi

PENYAKIT CACAR ANAK

Siapa yang tidak tahu penyakit cacar? Tentu saja Anda pernah mengalami ketika masih kecil, kan? Atau malah Anda belum pernah mengalaminya? Tidak mengapa, tapi dalam pembahasan ini kita akan membahas masalah penyakit cacar anak yang tentu saja memiliki kaitan dengan usia Anda yang sudah menginjak remaja atau dewasa.

Secara umum, penyakit cacar terjadi pada usia anak di bawah 10 tahun. Ketika anak sudah terkena penyakit cacar, umumnya ketika remaja atau dewasa, penyakit itu tidak lagi mengenainya. Tapi kalau pada usia anak belum terkena penyakit ini, maka Anda bisa terkena penyakit cacar di usia Anda remaja atau dewasa. Dan gejala yang bisa Anda rasakan sangat menganggu, karena terasa jauh lebih berat dari anak-anak.

Virus Varicella Zoster adalah penyebab penyakit cacar ini terjadi. Pertama kali penyakit ini muncul ditandai dengan ruam pada kulit, bisa di sekitar wajah, belakang telinga, kulit kepala, badan bagian depan, lengan, maupun kaki. Ruam ini nanti akan menjadi bintil-bintil merah yang berisi cairan dan terasa sangat gatal.

Dengan kondisi kulit yang gatal, maka tidak aneh kalau anak-anak tidak kuat untuk tidak menggaruknya. Kalau sudah begitu, bintil-bintil merah itu akan basah atau biasa orang menyebutnya menyenyeh. Baru setelah itu, kulit yang terkena cacar perlahan akan mengerng dan menjadi luka mengoreng. Tapi tenang, karena dalam hitungan 7 sampai 14 hari, luka mengoreng itu akan terkelupas.

Lalu bagaimana caranya agar penyakit cacar anak ini tidak mengganggu?

Sebenarnya anak-anak tidak akan merasa kalau tidak terganggu, sebab yang seperti disebut di atas, bahwa cairan dalam bintil-bintil merah itu sangat terasa gatal di kulit. Tapi ada peredam yang bisa membuat gatal itu mengurang, yaitu dengan pemberian lotion atau bedak anti gatal. Juga dengan pacetamol untuk meredakan demam yang dirasakan si anak.

Karena penyakit cacar ini termasuk penyakit yang menular, maka penderita penyakit ini harus dikarantina saat proses penyembuhan. Jika anak-anak yang menderita, mereka tidak boleh dulu untuk bersekolah. Kalau dewasa yang menderita, mereka tidak boleh dulu kuliah atau ke kantor. Dan orang-orang di rumah, terutama bagi mereka yang belum pernah terkena penyakit cacar, sangat disarankan untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan antioksidan yang tinggi.

Kalau dalam waktu 14 hari, penyakit cacar ini tidak mengalami perubahan, artinya anak tersebut harus segera dibawa ke rumah sakit untuk ditangani oleh dokter. Gejala-gejala yang timbul untuk kasus seperti ini apabila terjadi infeksi pada bintil-bintil cacar itu, anak mengalami muntah, lehernya menjadi kaku, tubuhnya mengejang, kesulitan untuk berjalan atau bicara, dan tidak mampu menjaga keseimbangan tubuhnya sendiri.

Semoga dengan adanya info mengenai penyakit cacar anak, Anda menjadi lebih waspada terhadap anak, adik, atau keponakan. Berikan mereka antioksidan untuk daya tahan tubuhnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *