Seputar Bayi

Lidah Buaya, Gel yang Bermanfaat untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Kulit pada Bayi

Manfaat lidah buaya sangat banyak, terutama untuk kulit bayi. Bayi yang baru lahir hingga berusai satu tahun memiliki kulit yang sensitif dan sangat rentan terhadap berbagai jenis alergi atau penyakit. Oleh karena itu, para orang tua perlu memperhatikan dan merawat kesehatan bayinya dengan benar.

Permasalahan kulit yang banyak dialami oleh bayi adalah munculnya ruam dan bintik merah. Meskipun tergolong ringan, masalah kulit bayi itu tetap dapat membuat bayi rewel karena merasa tidak nyaman. Terlebih jika bayi lahir prematur, masalah seperti itu biasanya akan lebih sulit disembuhkan dibandingkan dengan bayi yang lahir normal.

Bayi bisa terserang penyakit kulit kapan saja. Penyakit itu mungkin menunjukkan gejala yang ringan sehingga sering diabaikan oleh para orang tua. Padahal, jika tidak segera ditangani, penyakit itu bisa bertambah parah dan menjadi semakin sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, sebagai orang tua atau calon orang tua, ada baiknya kamu mengetahui berbagai jenis penyakit kulit yang dapat menyerang bayi. Simak ulasan ini, ya!

Biang keringat

Bayi cukup sering mengalami biang keringat. Penyakit ini memang sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menyebabkan kulit bayi mengalami infeksi. Namun, biang keringat dapat menimbulkan bintik putih dan merah yang menyerang bagian kulit wajah, leher, punggung, dan selangkangan. Bayi yang mengalami biang keringat biasanya akan merasa tidak nyaman dan sulit tidur. Oleh karena itu, bila tidak segera diatasi, penyakit ini dapat membuat bayi sering menangis.

Jerawat bayi

Jerawat tidak hanya menjadi permasalahan bagi remaja atau orang dewasa saja, lho. Bayi yang baru berusia beberapa bulan pun bisa mengalaminya. Jerawat bayi ini terlihat mirip seperti komedo yang sering muncul pada kulit orang dewasa. Penyebabnya adalah kelebihan hormon tertentu yang terjadi selama bayi masih dalam kandungan. Namun, kondisi ini dapat memburuk bila kelenjar minyak pada tubuh bayi memproduksi kadar minyak berlebih.

Intertrigo

Penyakit kulit ini sering muncul pada daerah lipatan tubuh, seperti leher, ketiak, pantat, selangkangan, tangan, dan kaki. Intertrigo lebih sering menyerang bayi yang memiliki tubuh gemuk. Banyak orang tua mungkin tidak menyadari bahwa bayinya terserang penyakit ini karena lipatan tubuh jarang terbuka. Namun, perlu diketahui bahwa bayi yang terkena intertrigo biasanya merasakan sakit dan perih pada kulitnya.

Eksim

Bayi juga rentan mengalami penyakit kulit bernama eksim. Penyakit ini berupa ruam yang sering muncul pada bagian kulit kepala, pipi, dada, lengan, dan kaki. Eksim rentan menyerang sejak bayi berumur 3—4 bulan. Namun, ketika memasuki usia di atas satu tahun, eksim bisa saja muncul lebih banyak di bagian-bagian kulit lainnya. Tingkat keparahan penyakit eksim dapat terjadi dalam empat tahapan, yaitu ringan, kesing, berkerak, dan meletus. Bila bayi sudah terinfeksi penyakit ini, eksim bisa saja berkembang, berair, bahkan mungkin bernanah. Oleh karena itu, perhatikan selalu kesehatan kulit bayimu, ya, Bunda.

Yup, itulah beberapa penyakit kulit yang cukup sering menyerang bayi. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tidak akan meninggalkan artikel ini dengan perasaan was-was. Sebab, ada solusi untuk mencegah berbagai penyakit kulit tersebut, kok.

Ingatkah kamu di awal pembahasan ini ada disinggung mengenai manfaat lidah buaya, khususnya pada kulit bayi? Tumbuhan yang satu ini memang sudah terkenal manfaatnya untuk segala jenis usia. Untuk bayi, kandungan yang ada pada lidah buaya dapat mendinginkan kulit sehingga baik untuk mengatasi ruam-ruam pada kulit. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit bayi dan biarkan kandungan dalam gel itu bekerja mengatasi permasalahanmu.

Bagaimana? Mudah, bukan?

Referensi:

https://review.bukalapak.com/mom/ini-dia-5-manfaat-lidah-buaya-untuk-kulit-bayi-mau-coba-46479

Sumber gambar:

www.pexels.com

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *