Tips dan Trik

Penyebab dan Bahaya Bayi Gemuk Berlebihan

Anak yang mendapatkan gizi dengan baik dan juga sehat pastinya menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali dan akan membuat mereka lebih terjaga. Bayi gemuk merupakan salah satu efek yang bisa timbul jika terlalu banyak memberikan makanan pada bayi kita. Di beberapa negara kasus ini memang sering kali terjadi, padahal obesitas yang terjadi pada bayi merupakan salah satu hal yang sangat tidak baik dan seharusnya tidak terjadi pada bayi karena akan membuat mereka tidak tumbuh sesuai.

Ada beberapa hal yang sebenarnya penting sekali untuk mereka yang ingin merawat bayi mereka agar tidak berlebihan berat badan. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari bayi yang obesitas antara lain:

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi ASI, memang asi yang berlebihan merupakan salah satu penyebab utama obesitas yang terjadi pada bayi. Maka dari itu harus ada waktu pemberian asi yang tepat agar anak juga pas gizinya tidak berlebihan seperti yang banyak dialami oleh bayi lain.
  2. Banyak mengkonsumsi susu formula, gizi yang terdapat pada susu formula ini memang sangat sehat dan juga baik sekali untuk kesehatan bayi. Namun juga jika berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik pada bayi kita.
  3. Banyak mengkonsumsi buah pisang, karena memang di dalam buah ini terdapat beberapa lemak yang bisa mendorong obesitas pada tubuh bayi yang mengharuskan bayi ini mengkonsumsi buah yang sebenarnya sesuai dengan usia mereka.

    Baca Juga: Mengenal Ciri-ciri Bayi Obesitas

Factor yang membuat bayi berlebihan berat badan ini memang perlu untuk diwaspadai, jangan sampai anak Anda juga berlebihan berat badannya. Bayi gemuk ini memang perlu mendapatkan perhatian khusus dari orang tua mereka. Bahkan beberapa dokter juga banyak yang sudah menyarankan untuk diet pada bayi dan juga melakukan pengurangan berat badan yang membuat bayi dibatasi pola makan dan juga minum susu-nya.

Ada beberapa bahaya yang memang dapat ditimbulkan jika membiarkan bayi kita tetap dalam keadaan berlebihan berat badan ini. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa timbul antara lain:

  • Susah bernapas, karena banyaknya lemak yang ada di dalam tubuh bayi bisa menghimpit paru-paru dan juga jantung pada bayi kita.
  • Gangguan fungsi ginjal, karena terlalu banyak makanan atau minuman yang harus disaring maka membuat ginjal harus bekerja dengan lebih cepat

Masalah kegemukan pada bayi ini memang menjadi masalah yang serius untuk beberapa orang tua. Maka dari itu harus ada penanganan yang baik pada bayi gemuk ini agar mereka bisa mendapatkan gizi yang tepat. Peran orang tua tentu saja yang paling penting dan banyak sekali dibutuhkan. Jangan pernah ragu dalam menjalankan peran menjaga anak agar makanan yang dikonsumsi tetap terjaga.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *