Perlengkapan Anak

Penyebab dan Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir biasanya dikenal sangat sensitif. Segala perubahan yang ada padanya sangat jelas. Salah satu hal yang tidak jarang terjadi adalah kulit yang berwarna kuning. Hal ini sering membuat para orang tua khawatir lantaran kebanyakan dari mereka tidak tahu penyebab-penyebabnya. Lalu apakah hal ini normal atau berbahaya? Dalam artikel ini akan dibahas penyebab serta karakteristik kulit kuning ini.

Penyebab dan Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Apa itu Penyakit Kuning

Sebelum mencari tahu penyebabnya, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu penyakit kuning? Penyakit kuning yang sering muncul pada bayi sering disebut sebagai Ikterus. Yakni sebuah dimana kondisi kulit, mukosa dan bagian putih mata berwarna kuning. Umumnya disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin pada darah. Bilirubin sendiri adalah zat warna kuning yang terbentuk dari sisa-sisa sel-sel darah merah. Bilirubinn ini biasanya akan disaring oleh hati dan dibuang melalui sistem pencernaan.

Penyebab Sakit Kuning atau Ikterus Pada Bayi

Memang tidak semua bayi baru lahir mengalami hal ini. Dari beberapa survey mengatakan bahwa 6 dari 10 bayi mengalami sakit kuning ini. Untuk lebih lanjutnya berikut adalah beberapa penyebab yang pemicunya, antara lain:

  • Bayi mengalami peradangan yang menyebabkan jaringan tubuh mati.
  • Hati yang tidak bekerja dengan sempurna.
  • Pendarahan du dalam bagian dalam tubuh bayi.
  • Kekurangan enzim.
  • Infeksi akibat virus ataupun bakteri

Dari beberapa penyebab di atas pasti timbul pertanyaan bagaimana hal tersebut bisa terjadi pada seorang bayi baru lahir dan apakah kondisi ini harus dibawa ke dokter? Hal-hal berikut adalah kondisi dimana Anda wajib membawa sang bayi ke dokter karena keadaan ini mungkin akan berbahaya, seperti:

  • Berat badan bayi tidak meningkat dalam kurun waktu tertentu
  • Kulit bayi berwarna sangat kuning
  • Bayi mengalami gejala aneh yang tidak biasa
  • Suara tangisan bayi baru lahir yang melengking tinggi
  • Kulit bayi berwarna kuning dalam waktu lebih dari 3 minggu.

Pemicu Lain Terjadinya Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

  1. Golongan Darah. Golongan darah bayi baru lahir yang berbeda dengan sang ibu biasanya akan membuat tubuhnya membuat antibody untuk mencegah campurnya kedua golongan darah ini. Dengan begitu efek yang ditimbulkan adalah timbul ikterus.
  2. Kekurangan Gizi. Bagi sang ibu, menyusui dan memberikan asupan gizi pada bayinya adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Karena rendahnya asupan gizi yang menyebabkan bayi dehidrasi dapat berakibat icterus.
  3. Prematur. Kelahiran premature lebih berisiko mengalami icterus. Hal ini karena umur bayi yang kurang dari 38 minggu biasanya tidak memiliki kemampuan penyaringan darah yang normal.
  4. Memar Saat Kelahiran. Memar yang terjadi saat proses kelahiran umumnya akan menyebabkan bilirubin masuk ke dalam darah.

Sebagai orang tua hendaklah kita memperhatikan keadaan bayi baru lahir. Keadaan icterus yang parah dan tidak ditangani cepat dapat membuat kondisi buruk lainnya. Hal ini karena bilirubin pada darah umumnya bersifat racun.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *