Perawatan Bayi

Perawatan Bayi Kembar Bagi Orang Tua Muda

Perawatan bayi memang tak semudah merawat orang dewasa, apalagi bayi yang baru lahir, tubuhnya masih belum bisa banyak digerakkan juga sistem imunnya yang lemah menyebabkan bayi mudah sekali terkena penyakit, sehingga perawatan harus dilakukan secara tepat. Tak jarang bahkan sebagian banyak orang tua yang harus menyewa jasa baby sitter untuk melakukan hal tersebut, atau dengan meminta bantuan dari orang tua. Namun lama kelamaan nantinya Anda tetap dituntut untuk mengerjakan segala macam aktivitas tersebut sendiri.

Bagi beberapa orang tua yang sudah pernah merawat bayi sebelumnya tentunya bukan hal yang sulit. Agak kerepotan memang jika bayi yang dilahirkan tambahan satu, melainkan 2 atau lebih, sebut saja diantaranya adalah bayi kembar. Dimana pastinya tak cukup hanya dengan mengandalkan satu tenaga saja untuk perawatan bayi kembar tersebut. Agak kewalahan ketika satu bayi menangis dan diikuti dengan yang lainnya, belum lagi untuk memandikan hingga memberikan makan.

Khusus untuk Anda para orang tua yang dikaruniai bayi kembar, maka berikut ini ada tips dalam merawatnya secara mudah agar tak kerepotan, yaitu:

  1. Buatlah jadwal untuk berbagai macam kegiatan mereka, jadwal ini harus sama atau bergiliran, dimana jika satu anak makan maka satunya harus bermain atau tidur, begitu juga gantian yang lainnya, sehingga tidak kerepotan. Jadwal ini sangat penting disusun untuk membantu melaksanakan semua keperluan atau kegiatan mereka, agar ibu tidak kebingungan nantinya.
  2. Hindari menyusui di saat bersamaan, akan sangat kerepotan dengan hal ini, untuk itu alternatifnya adalah sediakan juga susu formula, dimana jika satu bayi disusui langsung, maka yang satunya minum susu formula begitu juga sebaliknya. Hal ini juga bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi mereka, karena hanya dengan mengandalkan asi saja pastinya tak akan cukup, apalagi untuk 2 bayi.
  3. Gunakan tempat tidur yang sama, hal ini untuk mempermudah gerak dan juga menjaganya, hindari memakai kamar yang berbeda, karena bunda sendiri yang nantinya akan kerepotan balik kesana kemari, namun meski tempat tidur sama tetap harus ada jarak yang aman bagi mereka.
  4. Minta bantuan dari suami, terkadang untuk merawat satu bayi saja sudah sangat merepotkan, apalagi untuk dua orang bayi yang usianya sama, untuk itulah pastikan mengandalkan bantuan dari orang lain, khususnya oleh suami untuk bergantian, begitu juga dengan orang tua.
  5. Pastikan keduanya mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang sama, sehingga dalam masa pertumbuhannya salah satu buah hati Anda tak merasa di anak tirikan.

Baca Juga: 4 Perawatan Bayi Berikut Bisa Membantu Si Kecil Belajar Bicara Sejak Dini

Itulah cara mudah perawatan bayi kembar, keduanya bisa mendapatkan perawatan yang sama begitu juga dengan kasih sayang untuk bisa tumbuh secara optimal.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *