Tips dan Trik

Perawatan Pasca Melahirkan Secara Sesar

Saat melahirkan otot-otot tubuh ibu semuanya tegang, baik proses melahirkan yang diakukan melalui cara normal maupun caesar. Bagi Anda yang melahirkan dengan caesar perawatan lebih terfokus pada luka sayatan operasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi pemulihan pasca melahirkan adalah kondisi gizi, tingkat stess dan kesehatan. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini:

Perawatan Bekas Luka Akibat Operasi Caesar

Jika Anda melahirkan dengan cara caesar bagian tubuh yang membutuhkan perhatian lebih adalah pada bagian perut bekas sayatan operasi. Perhatikan posisi tubuh saat Anda beraktivitas. Usahakan duduk, berdiri dan berjalan dengan posisi gesture, tubuh yang baik.

Hati-hati jika tertawa, batuk atau bersin karena bisa menyebabkan perut terguncang tiba-tiba. Untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah terguncang, tahan perut Anda saat tertawa, batuk atau bersin.

Mengurangi Rasa Sakit Akibat Operasi Caesar

Rasa nyeri akibat operasi bisa berkurang dengan cara mengkonsumsi obat pereda sakit seperti: paracetamol atau bisa dengan cara tradisional yaitu dengan menempelkan bantal pemanas di bekas luka agar terasa lebih nyaman.

Jangan Mengangkat Benda Berat

Pasca melahirkan hingga dua minggu sebaiknya hindari mengangkat barang yang berat. Jika harus memindahkan barang sebaiknya minta tolong suami dan siapkan semua keperluan Anda dan bayi di tempat yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Baby Blues Lebih Lengkap

Tips Agar Cepat Sembuh Setelah Melahirkan

Minggu pertama setelah melahirkan Anda akan merasa lelah dan ngantuk. Agar cepat pulih sebaiknya ikuti beberapa hal berikut ini:

  • Usahakan istirahat yang cukup, saat bayi tidur gunakan waktu Anda untuk tidur juga.
  • Walaupun Anda merasa sudah merasa baik-baik, di minggu pertama usahakan untuk istirhat tetap di tempat tidur atau di sofa agar proses penyembuhan cepat.
  • Minta bantuan suami, keluarga untuk membantu melakukan pekerjaan di rumah termasuk menyiapkan makanan untuk Anda, mencucu, memasak dan pekerjaan rumah lainnya.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dan bayi.
  • Minta petunjuk dokter, bidan atau keluarga dan kawan yang sudah memiliki pengalaman mengenai cara merawat luka bekas operasi caesar.
  • Rutin memeriksakan diri Anda ke dokter atau bidan untuk memantau kondisi kesehatan setelah melahirkan terutama bekas jahitan pada saat melahirkan.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang berserat tinggi dan penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setiap hari secara teratur.
  • Selalu menggunakan pakaian yang bersih dan kering agar luka sayatan tidak terkena bakteri.

Melakukan perawatan pasca melahirkan bukanlah hal yang sulit atau menyiksa. Anda bisa melakukannya dengan senang dan tenang. Demikian pembahasan singkat mengenai cara perawatan setelah melahirkan dengan cara caesar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, semoga kondis Anda cepat pulih kembali.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *