Tips dan Trik

Perhatikan 4 Hal Ini Dulu Sebelum Menyiapkan Bubur Bayi

Bagi ibu yang memiliki bayi sudah tentu memiliki seabrek kesibukan berkenaan dengan pengasuhan si kecil. Jika sebelum punya bayi ibu bisa berleha-leha usai memasak sarapan dan bekal makan siang suami, maka kini tidak lagi. Ada kewajiban panjang menunggu mulai memandikan bayi sampai menyiapkan bubur bayi di jam makanya, dan baru bisa istirahat saat bayi tertidur pulas. Khusus untuk pembahasan mengenai bubur yang dibuat khusus untuk bayi, usahakan memilih bubur buatan sendiri. Anda tidak harus memasak bubur nasi sebab bayi memerlukan makanan lebih berkualitas ketimbang beras.

Hal-hal Wajib Diperhatikan Saat Menyiapkan Bubur untuk Bayi

Bubur buatan sendiri memang pilihan terbaik untuk memastikan buah hati mendapatkan nutrisi terbaik dari bahan makanan berkualitas. sebelum menyiapkan bubur bagi si kecil alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut supaya hasilnya lebih bermanfaat:

  • Menyimpan bahan makanan dengan baik,

Bayi memerlukan nutrisi kompleks maka butuh menyediakan bahan makanan segar, pastikan persediaan disimpan dengan baik. Gunakan kulkas untuk menyimpan berbagai bahan makanan si kecil sebab suhu dingin memperkecil kemungkinan bakteri dan kuman bertahan hidup, sehingga lebih awet.

Selain bubur bayi, ada juga asupan untuk perkembangan bayi agar sehat. Baca saja di cumahobi.com

  • Menyajikan jika memang sudah hangat,

Makanan yang disajikan untuk si kecil memang idealnya dibuat bubur terlebih dahulu, dan bahan apapun yang dipakai hasil olahannya adalah bubur bayi. Namun, usahakan diproses atau dimasak dahulu meski sepotong wortel supaya lunak sekaligus aman dari kuman dan bakteri. Sajikan bubur selagi hangat, namun jangan langsung disuapkan ke bayi ketika baru diangkat dari panci. Salah-salah lidah bayi melepuh dan mati rasa Anda pun kelimpungan sendiri, gugup boleh namun harus tenang dan dinginkan dulu makanan si bayi.

  • Hindari makanan sisa,

Idealnya ibu menyediakan bubur untuk si kecil yang masih segar dalam artian baru saja matang setelah diolah dari bahan mentahnya. Jika ingin praktis dan menghangatkan bubur untuk makan siang padahal sudah dibuat tadi pagi. Maka akan membahayakan kesehatan si kecil, bisa jadi masakan ini di pagi hari aman dan sehat namun setelah dingin sudah dihinggapi bakteri. Dianjurkan untuk mengolah bahan mentah lalu segera suapi anak sampai tandas, makanan sisa bukanlah pilihan cerdas.

  • Memilih piring atau mangkok khusus,

Bagi ibu yang kebetulan menjumpai makanan atau bubur khusus bayi dalam kemasan, memang sesekali boleh diberikan sebagai selingan. Namun jangan terlalu sering, usahakan pula memindahkan wadahnya ke mangkok di dapur sendiri. Pasalnya memakai kemasan bubur khusus bayi instan secara langsung akan memicu masalah kesehatan. Kemasan makanan instan jika bertemu dengan air liur bayi akan menimbulkan reaksi kimia berbahaya. Maka pindahkan dulu bubur bayi instan tersebut ke mangkok makan biasa agar lebih aman.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *