Tips dan Trik

Perhatikan Cara Mencuci Boneka dengan Tepat Menggunakan Mesin Cuci Supaya Awet

Setiap anak mempunyai hobi atau kesukaan pada barang yang berbeda-beda, misalnya pada mainan kesukaan, boneka kesayangan ataupun jenis lainnya. Namun, orang tua sering menemui masalah berbagai barang favorit anak sering sekali kotor tetapi tetap dibawa kemana-mana. Dan yang paling sering adalah anak-anakan, tetapi tidak sedikit orang tua juga kebingungan dalam membersihkan anak-anakan kesayangan buah hati tersebut supaya tidak rusak. Apalagi sekarang banyak orang tua yang menggunakan mesin cuci untuk membersihkannya. Takut kalau misalnya isinya keluar, pernak-pernik lepas atau lainnya.

Pertama bunda harus memperhatikan terlebih dahulu anak-anakan yang dimiliki oleh buah hati tersebut masihkah kondisinya bagus. Misalnya ada robek, jahitan lepas atau lainnya bisa diperbaiki terlebih dahulu bagian yang rusak. Kemudian jika mempunyai rambut dari benang atau sutra bisa membungkusnya dengan kain bekas saat dicuci. Kemudian langkah pencucian yang tepat adalah:

  1. Langkah pertama ibu bisa memasukkan mainan kesayangan anak tersebut kedalam kantong mesin cuci. Untuk lebih baiknya bisa melapisi dengan sarung bantal ataupun kain lainnya yang mempunyai pori cukup untuk air dan detergen masuk. Hal ini bertujuan untuk menghindari mainan dari kain tersebut tersangkut sela-sela mesin cuci.
  2. Kemudian bisa memasukkan detergen pada mesin cuci, yang perlu diperhatikan disini adalah takaran yang disarankan. Jangan sampai takaran yang melebihi ukuran dapat menyebabkan mainan boneka buah hati tertinggal sisi detergent, dalam hal ini bisa menggunakan detergen cair ataupun bubuk tetapi lebih disarankan menggunakan cair.
  3. Tentukan aturan untuk pencucian mainan yang mempunyai bahan lembut, hal ini dimaksudkan untuk melindungi kondisi mainan supaya tetap awet. Sangat disarankan untuk menggunakan suhu rendah, karena yang terlalu tinggi dapat membuat noda lebih meresap dan semakin susah dihilangkan.

Baca Juga: Jenis Permainan Bayi yang Aman untuk Diberikan

Itulah langkah-langkah pencucian menggunakan mesin cuci supaya mainan kesayangan anak tetap awet dan tetap bersih. Kemudian bagi Anda yang masih kebingungan dalam mencuci anak-anakan milik buah hati yang mempunyai ukuran terlalu besar jangan khawatir. Karena Anda tetap bisa membersihkannya secara manual karena pada mesin cuci tidak bisa masuk. Untuk melakukannya cukup rendam mainan kain tersebut kedalam bak besar yang sudah diberi detergen dan juga air hangat. Setelah itu tetap lakukan pencucian seperti biasa dengan lembut.

Baik melalui mesin cuci ataupun secara manual yang paling penting adalah jangan pernah untuk menggunakan mesin pengering. Lebih baik untuk langsung mengeringkan pada udara yang terbuka dan terkena sinar matahari. Jadi apapun model, bentuk, bahan, umur dan berapa pun ukuran boneka kesayangan buah hati Anda tidak perlu khawatir untuk mencucinya. Karena semua hal yang digunakan anak dalam keadaan bersih akan membuat buah hati Anda tetap sehat dan ceria setiap harinya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *