Tips dan Trik

Perhatikan Tumbuh-Kembang Si Kecil Mulai dari Berat Badan Bayi dan Gizinya

Pertumbuhan dan perkembangam buah hati adalah hal penting yamg memerlukan perhatian khusus setiap orang tua terutama saat usia keemasan anak. Usia keemasan dimulai sejak bayi itu lahir dan masa balitanya. Salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan adalah berat badan bayi. Bayi yang memiliki berat badan kurang atau tidak sesuai dengan usianya maka harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan kekurangan berat badan pada seorang bayi bisa saja menyebabkan ia mudah atau rentan terkena serangan penyakit.

Perhatikan Tumbuh-Kembang Si Kecil Mulai dari Berat Badan Bayi dan Gizinya

Penyebab Kurangnya Berat Badan Bayi

Berat badan bayi yang kurang dari usia normalnya, bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Kekurangan berat badan ini bisa terjadi saat kelahiran atau usia awal yaitu mulai dari 1 sampai dengan 6 bulan p

  • Ibu mengalami komplikasi saat kehamilan.
  • Status gizi ibu yang cenderung tidak stabil selama mengandung.
  • Usia sang ibu yang masih terlalu muda.
  • Kondisi kesehatan ibu saat kehamilan.
  • Jarak waktu yang terlalu berdekatan antara kehamilan dengan kelahiran sebelumnya.
  • Sedangkan beberapa hal yang mungkin jadi penyebab rendahnya berat badan bayi saat usia awalnya adalah sebagai berikut.
  • Terjadi infeksi pada si kecil baik dikarenakan virus maupun bakteri
  • Asupan gizi yang diberikan kepada si kecil masih kurang dan dapat menyebabkan mudahnya ia terserang infeksi.

Peran ASI terhadap Berat Badan si Kecil

Sebaik-baiknya sumber gizi bagi si kecil adalah ASI untuk bayi yang berusia 1 hingga 6 bulan. Meskipun susu formula dikatakan memiliki gizi yang juga cukup banyak namun ASI jauh lebih mudah dicerna oleh sang bayi. Dan disarankan untuk memberikan makanan pendamping ASI setelah 6 bulan hingga usia 2 tahun. ASI bisa membantu menambah berat badan bayi dengan memperhatikan kualitas dan kuantitas dari pemberian ASI tersebut.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan kualitas ASI dari seorang ibu yang kekurangan gizi. Hal ini dikarenakan tubuh ibu akan memproduksi ASI terlebih dahulu dari asupan gizi yang diterimanya. Jika sudah barulah cadangan makanan yang ada di dalam tubuh ibu akan memperbaiki gizi yang kurang dari tubuhnya. Jadi kualitas dari ASI ibu tetap baik untuk pemenuhan gizi anak dan bisa membantu menambah berat badan.  Apabila kuantitas ASI Anda kurang, Anda bisa memperbaiki makanan yang akan dikonsumsi.

ASI atau Susu Formula

Hal yang terbaik bagi bayi berusia 1 sampi 6 bulan adalah ASI daripada susu formula termasuk untuk mengatasi rendahnya berat badan bayi. Namun ada kondisi-kondisi tertentu pada bayi yang mengharuskannya mengonsumsi susu formula. Jika memang seperti itu, maka sebaiknya Anda mengonsultasikannya dengan ahli gizi karena jika salah dalam hak perencanaan justru bisa menjadi penyebab masalah lain pada sang bayi

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *