Perawatan Bayi

Perkembangan Balita Usia 1 Tahun

Saat si kecil sudah merayakan ulang tahun pertamanya, ayah dan bunda akan takjub dengan hal-hal ajaib yang ia lakukan. Perkembangan balita usia 1 tahun sangat lincah ia bisa menerima informasi dan menirukannya.

Usia 1-2 bulan merupakan periode penting dalam pertumbuhan balita. Perkembangan otaknya sudah sangat pesat, hal ini ditandai dengan bertambah kemampuannya berjalan, mengingat dan berbicara. Ulang tahun pertamanya adalah tanda bawa si kecil sudah bukan bayi lagi, ia sudah memasuki masa balita atau batita.

Selain pertumbuhan fisiknya, perkembangan balita 1 tahun ditandai juga dengan perkembangan lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Perkembangan Kognitif

Saat usianya 1 tahun, si kecil sudah mampu berpikir, mengingat perilaku orang dsb. Ia sudah bisa belajar kejadian yang ada dilingkungannya, bahkan ia sudah bisa memahami symbol, meniru, membayangkan dan berpura-pura.

Perkembangan Emosi

Bentuk emosi yang kuat pada balita adalah menangis saat dipisahkan dari orang yang paling dekat. Namun, seiring waktu ia mulai terbiasa melakukan aktivitas seorang diri. Hal ini merupakan tahap awal ia belajar tentang konflik, bingung, kesal dan kadang-kadang merusak.

Baca Juga: Ini Tahap Perkembangan Bayi Usia 3 Sampai 9 Bulan

Perkembangan Bahasa

Keterampilan berbahasanya mulai berkembang. Si kecil sudah mulai bisa menirukan suara. Menginjak usia 15 – 18 bulan, ia sudha bisa memahami kosa kata sampai 10 kali atau bahkan lebih banyak. Saat usianya masuk 2 tahun, si kecil bisa mengatakan 50 – 100 kosa kata.

Perkembangan Sensorik Dan Motorik

Keterampilan motorik pada otot dan saraf si kecil bekerja bersamaan. Pada tahap ini balita sudah bisa mencapai tahap control dan mengkoordinasikan. Setelah ia mulai mengembangkan keterampilan berjalan, berikutnya mulai memanjat, berlari dan melompat.

Tumbuh kembang balita berbeda-beda antara balita yang satu dengan yang lainnya. misalnya pada balita yang lahir premature membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapat perkembangan tersebut. Namun apabila si kecil lahir normal namun saat usianya menginjak 1 tahun belum melakukan hal-hal berikut ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter, yaitu:

  • Belum bisa melangkah
  • Tidak bisa berdiri sendiri (tanpa dibantu)
  • Tidak mencoba menemukan benda yang disembunyikan di hadapannya
  • Belum bisa mengeluarkan satu patah katapun.
  • Tidak menggunakan bahasa non verbal, seperti: mengangguk untuk menggantikan kata “ya”/”mau”, tidak bisa menunjuk, menggelengkan kepala dsb.

Karena usia satu tahun merupakan periode penting dan kritis, terutama perkembangan bahasa, peranan orang tua sangat penting. Usahakan selalu memahami perasaan si kecil dan membantunya meredakan emosi. Lakukan kegiatan yang gembira dan menyenangkan, seperti: bermain, membaca buku dsb. Dengan mengetahui perkembangan balita, diharapkan dapat memudahkan orang tua memantau dan memberikan yang terbaik sesuai dengan perkembangannya. Jangan sampai ketinggalan untuk mencari tahu perkembangan batita di usia selanjutnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *