Tips dan Trik

Perkembangan Balita Yang Menakjubkan Saat Ia Memasuki Usia 8 Bulan

Bagi semua orangtua melihat pertumbuhan dan perkembangan balita merupakan moment yang paling berharga yang sayang jika dilewatkan. Jika bayi Anda akan memasuki usia 8 bulan akan ada perkembangan yang luar biasa yang bisa membuat Anda sangat bahagia dan bangga.

Pada usia 8 bulan perkembangan si kecil cukup menarik diikuti. Banyak sekali kejutan yang bisa membuat orang tua kagum dengan pencapaiannya. Tapi, satu hal yang harus dipahami oleh semua orang tua adalah tidak semua bayi mengalami perkembangan yang sama dengan bayi yang lainnya. Bisa saja bayi Anda lebih cepat pekembangannya namun bisa juga sebaliknya. Hal ini wajar, karena kemampuan dan tumbuh kembang masing-masing bayi berbeda. Namun sama-sama menarik untuk diikuti dan diperhatikan.

Sebelum memasuki usia 8 bulan, bayi belum bisa berinteraksi dengan lingkungannya. Nah, saat ia memasuki usia 8 bulan akan banyak hal yang baru ia kuasai dan itu akan sangat membanggakan. Langsung saja ikuti pembahasan mengenai perkembangan balita saat usia 8 bulan.

Kemampuan Motorik

Saat usia 8 bulan anak sudah mulai bergerak, merangkak ke belakang dan depan atau menggerakkan pantatnya. Pada tahapan awal bayi mulai merayap sambil menggerakkan tangan dan menarik tubuh dengan perlahan. Lalu bisa menggunakan lututnya. Selain itu kemampuan motorik yang bisa ia lakukan saat usia ini diantaranya adalah:

  • Belajar merangkak lalu duduk dan berdiri.
  • Menggenggam
  • Senang memasukkan jari-jari tangannya pada lubang atau sela-sela
  • Mulai belajar berjalan.

Kemampuan Berbicara

Saat si kecil sudah memasuki usia 8 bulan, ia mulai bisa merespon kata-kata yang sering didengar. Ia mulai bisa mengucapkan sepatah kata dengan benar sambil menyebukan sesuatu yang diinginkan, misalnya “mama”, “mama” dsb,

Baca Juga: Perkembangan Balita Pada Usia 13 Bulan

Si kecil sering mengeluarkan kata-kata yang aneh, seperti: “nananana” atau “nyanyanya” dsb.   Kata-kata tersebut diucapkan berulang-ulang tanpa ada arti atau bermakna.

Untuk itu bantu dan ajarkan si kecil dengan memberikan stimulasi terus menerus. Misalnya: dengan memberikan ia cerita, ajak bicara atau menyanyikan sebuah lagu.

Penglihatan Semakin Baik

Pada saat usia bayi 8 bulan, kemampuan melihatnya sudah sebaik orang dewasa. Ia sudah bisa melihat dengan jelas apa yang ada disekelilingnya. Walaupun demikian kemampuannya melihat jarak jauh belum cukup sempurna, namun ia sudah cukup baik mengenali orang lain dan melakukan eksplorasi terhadap ruang yang sering dilihatnya.

Perkembangan Emosi

Saat usianya 8 bulan ia sudah mulai mengalami perkembangan psikis dan mental. Perkembangan bayi yang bisa dilihat adalah empati terhadap lingkungannya, jika ia melihat seseorang menangis ia bisa ikut menangis. Jika orang terdekatnya pergi ia akan menunjukkan penolakan.

Dengan mengetahui pertumbuhan dan perkembangan balita diharapkan dapat membantu orang tua mengenai apa saja yang harus disiapkan dan diberikan untuk menstimulus tumbuh kembangnya agar lebih baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *