Tips dan Trik

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Pada usia 8 bulan, perkembangan bayi biasanya meliputi kemampuan bergerak ke sana kemari dan merangkak secara aktif. Sebagian bayi bahkan sudah dapat berdiri dengan berpegangan pada sisi meja atau badan orang dewasa.

Perkembangan bayi pun mencakup bobot dan panjang tubuhnya. Bayi perempuan berbobot sekitar 6,3-10 kilogram dengan panjang 64,3-73,2 cm, sedangkan bayi laki-laki umumnya berbobot 7-10,5 kg dengan panjang 66,5-74,7 cm.

Perkembangan bayi 8 bulan dari segi kemampuan motorik

Awalnya bayi Anda akan lebih dulu merayap dengan menggerakkan tangan dan mendorong tubuhnya ke belakang (mundur). Kemudian dia akan belajar menarik tubuhnya lalu menggunakan lututnya (maju-mundur). Semua gerakan ini berperan dalam menyiapkan dan menguatkan otot-otonya sebagai fondasi untuk berjalan.

Bayi 8 bulan akan makin aktif menggerakkan mainannya dengan berbagai cara, seperti membanting, mengocok, meremas, memukul, dan menjatuhkannya. Dia tidak memiliki maksud merusak benda yang dipegangnya, namun hanya ingin menuntaskan rasa ingin tahu dan melakukan semua hal yang membuatnya senang. Dia juga gemar memasukkan jarinya ke lubang atau sela-sela, seperti lubang kunci atau mainan. Anda sebaiknya mengawasinya dengan baik saat dia bermain dengan benda-benda ini agar dia tetap aman.

Perkembangan bayi 8 bulan dari segi kemampuan bicara

Pada usia 8 bulan ini bayi sudah dapat merespons kata-kata yang sering dia dengar. Bahkan, dia sudah dapat mengucapkan sebuah kata dengan benar untuk menyebutkan seseorang atau sesuatu yang dia inginkan, seperti ‘mama’ atau ‘papa’. Ini adalah masa perkembangan bahasanya, jadi sebaiknya Anda sering-sering bercerita tentang berbagai hal, seperti keseharian Anda, tentang pekerjaan ayahnya, atau membacakan kisah/dongeng kepada buah hati Anda. Anda juga bisa terus melatihnya bicara sekaligus mengenalkan anggota tubuh dan lingkungan sekitarnya dengan cara menunjukkannya, seperti ‘kuda’. ‘kucing’, ‘hidung’, ‘mata’, atau ‘telinga’.

Perkembangan bayi 8 bulan dari segi kemampuan sosial

Bayi 8 bulan mulai senang meniru-niru perilaku orang dewasa, seperti menggunakan ponsel, menonton, atau menyisir rambut. Dia juga suka bermain cilukba dan senang mencari-cari benda yang disembunyikan di depannya. Mengenai kedisiplinan, dia masih belum bisa memahami dan mengikuti peraturan. Walaupun demikian, berikanlah pujian padanya jika dia melakukan sesuatu yang baik dan laranglah dia jika melakukan sesuatu yang kurang baik.

Bayi 8 bulan bisa mengenali wajah orang dari jarak jauh karena penglihatannya kini hampir setara dengan kemampuan penglihatan orang dewasa. Saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, ada kemungkinan dia takut terhadap hal-hal baru yang belum dia kenal, seperti efek menekan saklar lampu (padam/menyala), bunyi peluit, bunyi mainan baru, atau suara dering telepon.

Penting untuk diperhatikan

Pada periode merangkak dan berdiri, anak Anda akan sering terjatuh. Oleh karena itu, Anda harus menciptakan lingkungan yang aman dan sehat di rumah Anda untuk memfasilitasinya belajar merangkak dan berjalan. Baby walker tidak disarankan digunakan karena alat ini justru membuat bayi tidak lagi ingin bermain, merayap, dan merangkak. Padahal semua ini adalah fondasinya untuk memperkuat otot-ototnya dan berjalan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *