Home Tips dan Trik Perkembangan Janin Dari Minggu ke-5 Hingga Minggu ke-12

Perkembangan Janin Dari Minggu ke-5 Hingga Minggu ke-12

by Edna Lopez

Selama menjalani kehamilan, Anda tidak hanya harus mengetahui cara menjaga kehamilan dan diet kehamilan. Anda juga harus mengetahui perkembangan janin sejak trimester pertama. Selain bertujuan untuk memantau kesehatan janin, ini juga bermanfaat untuk mulai membentuk ikatan batin dengan anak meskipun belum menyaksikan secara utuh sosok bayi yang kelak akan dilahirkan ke dunia.

Perkembangan janin minggu ke-5

Pada minggu ini ukuran embrio kira-kira sebesar biji Apel. Kemudian lapisan yang akan membentuk cairan ketuban (amnion) mulai mengumpul dan akan melindungi embrio dari bahaya yang dapat terjadi di dalam rahim.

Pada minggu ini pula lempeng saraf mulai terbentuk dari sebuah lapisan sel yang terletak di bagian belakang embrio. Lempengan saraf tersebut kemudian menggulung dan membentuk tabung saraf. Ini merupakan cikal bakal pembentukan otak besar. Selain itu, beberapa bagian tubuh seperti tulang, saraf-saraf dan sumsum tulang belakang, kuku, rambut, keringat, dan kelenjar susu (mamae) juga mulai terbentuk.

Perkembangan janin minggu ke-6

Pada minggu ini embrio ini semakin berkembang dan menyerupai berudu. Organ hati, ginjal, jantung dan usus mulai terbentuk. Usus terbentuk tepat di tali pusar yang menghubungkan janin dengan sang ibu.

Perkembangan janin minggu ke-7

Jantung embrio telah berkembang, sudah memiliki bilik kanan dan bilik kiri, dan sudah mulai berdetak, bahkan mencapai 110-150 per menit. Tangannya mulai terpisah satu sama lain dan lengannya mulai menekuk dan membentuk siku. Embrio sesekali akan bergerak, namun belum bisa dirasakan oleh sang Ibu.

Perkembangan janin minggu ke-8

Wajah embrio mulai terbentuk dan dahinya membesar. Mata masih terletak di ujung kepala dan kelopak matanya masih menutup. Ujung hidungnya mulai membentuk dan telinganya telah berkembang lebih sempurna. Dengan panjang mencapai 2,3 cm, embrio telah memiliki otak dan jantung dengan komponen-komponen yang lebih kompleks. Jantung ini sudah memompa darah dengan teratur.

Perkembangan janin minggu ke-9

Baca Juga:   5 Langkah Meningkatkan Kemampuan Bayi Bicara

Embrio telah berbentuk seperti bayi dan mulai aktif. Kedua tangannya tidak lagi berselaput. Tangan ini meringkuk dan bertemu tepat di atas dada dan mulai dapat bergerak walaupun belum bisa membuka dan menutup. Hidungnya terus berkembang ke arah sempurna, namun kulitnya masih sangat tipis, belum berkembang sempurna.

Perkembangan janin minggu ke-10

Janin telah memiliki organ-organ dan bagian tubuh yang lengkap, walaupun bentuknya belum sempurna. Janin ini siap berkembang selama beberapa bulan ke depan hingga proses persalinan.

Perkembangan janin minggu ke-11

Ukuran tubuh janin lebih besar, sekitar dua kali lipat daripada minggu sebelumnya. Organ tubuhnya semakin kompleks. Rambut dan kuku tangannya pun sudah muncul. Janin mulai bergerak menendang ke sana ke mari dan menelan makanan.

Perkembangan janin minggu ke-12

Walaupun ukuran tubuhnya masih sebesar ibu jari, namun organ-organ dalam dan bagian tubuh lainnya sudah semakin sempurna. Kini kaki janin sudah tidak berselaput, kukunya telah tumbuh, dan tulangnya mengeras. Dahinya terus menonjol semakin besar daripada bagian tubuh lainnya sebab otaknya semakin berkembang.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More