Tips dan Trik

Perlukah Spa Bayi Dilakukan dan Apa Saja Manfaatnya?

Akhir-akhir ini marak bermunculan baby spa atau spa untuk bayi terutama di kota besar. Berbagai manfaat kesehatan bagi si kecil dijanjikan oleh para pelopor baby spa atau spa bayi. Namun, benarkah spa diperlukan bagi perkembangan buah hati Anda? Mungkinkah hanya sekadar tren? Untuk mengetahuinya, pertimbangkan hal-hal berikut sebelum memanjakan buah hati untuk mengikuti baby spa.

Perlukah Spa Bayi Dilakukan dan Apa Saja Manfaatnya?

Seperti apakah baby spa itu?

Spa bayi merupakan rancangan perawatan untuk memberi stimulasi positif pada bayi berusia 3 minggu hingga sesi 3 tahun. Umumnya baby spa terbagi menjadi dua. Sesi pertama, akan membawa buah hati Anda untuk berendam menggunakan pelampung di dalam kolam khusus. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit dan bisa menjadi 30 menit jika bayi sudah terbiasa.

Kebanyakan spa bayi akan menyediakan satu kolam untuk dua atau tiga bayi. Setiap sesi berakhir biasanya Air kolam yang hangat akan diganti. Untuk air di kolam bayi diatas 6 bulan yang sudah menggunakan teknologi saringan ozon tidak akan diganti pada setiap sesi. Bayi akan dipijat oleh seorang terapis pada sesi kedua selama kira-kira 15 menit.  Perlu diingat bahwa aturan dan kebijakan setiap spa berbeda-beda. Jadi, sebelum mendaftarkan bayi Anda untuk spa carilah informasi terlebih dahulu lalu bandingkan beberapa fasilitasnya.

Manfaat baby spa bagi buah hati

Berbagai penelitian menujukkan bahwa spa memang baik untuk tumbuh kembang buah hati, Berikut keunggulannya, antara lain:

    • Melatih keseimbangan bayi dengan mengambang di kolam.
    • Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh karena bayi akan melakukan tendangan, ayunan, dan kedua tangannya bebas bergerak di dalam air.
    • Tekanan gerakan di dalam air lebih besar sehingga Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi.
    • Bayi akan merasa lebih rileks dan tenang karena berendam di air hangat. Pijat bayi juga akan mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi.
    • Pijat bayi juga mampu Mencegah masalah pencernaan.
    • Perkembangan otak terdorong stimulasi sensorik. Setiap aktivitas yang dilakukan bayi di kolam membuat Otak menghasilkan sel-sel baru.

 

  • Dapat Belajar bersosialisasi saat berendam bersama bayi lain.

 

Perhatikan Hal ini Sebelum Mengikutkan Buah Hati ke Baby Spa

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum memasukkan anak ke spa bayi,  antara lain:

  • Agar bisa menikmati setiap sesinya, sebelum ikut spa bayi Sebaiknya ia sudah kenyang dan tidak sedang mengantuk.
  • Cari tahu mengenai hal-hal seputar kebersihan dan keamanan spa seperti bahan kimia apa saja yang ada di dalam kolam, metode penyaringan air kolam, minyak pijat yang digunakan, dan sebagainya.
  • Usahakan Anda kenal dekat dengan orangtua bayi lain yang ada di spa tersebut. Hal ini untuk meminimalisisr risiko bayi Anda berendam dengan bayi lain yang mungkin mempunyai masalah kesehatan menular tertentu.
  • Proses perkembangan yang dimiliki Setiap bayi berbeda-beda. Sebaiknya nilailah dengan bijak apakah secara fisik dan mental bayi Anda sudah siap untuk ikut spa bayi. Anda bisa mengajak buah hati  bermain air atau berendam saat mandi untuk menyiapkannya sebelum ikut spa.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *